Header Ads

Suksesnya Partai AK Dinilai akan Mendorong Erdogan Sekaligus Mempertajam Perpecahan di Turki

Di depan para pendukungnya perdana menteri Turki, Ahmed Davutoglu mengatakan, pemerintah akan membangun kembali Turki bersama semua elemen masyarakat lainnya.

Pernyataan ini dilontarkan perdana menteri Turki pasca partai AK berhasil memenangkan pemilu parlemen yang kedua pada Ahad (1/11).

"Alhamdulillah, Ini adalah hari kemenangan milik semua orang, Tidak ada yang kalah, semuanya menang. Kita akan membangun kembali Turki yang baru bersama semua elemen rakyat," kata Davutoglu.

Namun seorang pejabat senior dari oposisi CHP menilai, pemerintah Erdogan dengan pemerintahan koalisinya "hanya akan menjadi bencana."

Dalam hal ini juga reuters.com sendiri menilai, kemenangan ini akan mendorong penuh kekusaan presiden Recep Tayyib Erdogan, dan mungkin juga akan mempertajam perpecahan sosial. karena Erdogan sendiri berpendapat, hasil pemilu parlemen ini sebagai pesan kepada pemberontak Kurdi bahwa kekerasan tidak bisa hidup bersama dengan demokrasi.

Tapi untuk saat ini Partai AK meraih lebih dari 276 kursi, dan itu adalah jumlah minimal yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Sejauh ini juga pasukan keamanan turki sedang menghalau dengan menembakkan gas airmata kepada pengunjuk rasa pro-Kurdi. hal ini terjadi setelah partai HDP pro-Kurdi hanya mendapatkan 10% suara.

Penulis: Andrean
Sumber: reuters.com



No comments

Powered by Blogger.