Header Ads

129 Pengungsi Ditemukan di Truk Berpendingin Di Bulgaria

SUPIR truk yang membawa pengungsi itu ditahan dan identitas diperkirakan 129 pengungsi yang didirikan, kantor berita resmi melaporkan. Setidaknya 129 pengungsi telah ditemukan di truk berpendingin di perbatasan Bulgaria dengan Turki, menurut laporan kantor berita Bulgaria.

Truk berpendingin yang ditumpangi oleh warga Turki ini berusaha untuk masuk Bulgaria di perbatasan pos pemeriksaan Kapitan Andreevo dengan Turki, Sofia News Agency melaporkan pada hari Minggu (01/11). Para pengungsi yang ditemukan tanpa dokumen identitas itu termasuk diantaranya 38 pria, 33 perempuan dan 58 anak-anak.

Sopir ditahan sementara identitas para pengungsi masih sedang dibentuk, SNA dilaporkan. Dalam perkembangan lain, pemerintah Bulgaria ditahan setidaknya 495 "yang berada ilegal asing dan 16 penyelundup" selama operasi gabungan skala besar, lembaga melaporkan.

Polisi dalam sepekan terakhir diperiksa setidaknya 5.987 kendaraan, 2895 situs, kata kementerian dalam negeri. UNHCR mengatakan sedikitnya 13.000 pencari suaka memilih jalan melalui Bulgaria sejak Januari, mencari rute yang aman untuk Eropa.

Bulgaria mengatakan akan memperpanjang pagar yang saat ini berjalan di sepanjang perbatasan dengan Turki untuk 160km dari saat 50km nya. Hal ini diawasi oleh penjaga bersenjata dan peralatan pengawasan berteknologi tinggi.

Bulgaria mengoperasikan enam pusat penerimaan, dengan total 5.130 tempat tidur, tapi hari ini pusat-pusat saat ini sekitar 70 sampai 80 persen dari kapasitas mereka. Sebuah laporan yang dirilis oleh UNHCR mengatakan biaya sekitar $ 6.700 untuk memiliki penyelundup mengambil pengungsi melintasi perbatasan darat ke Bulgaria.

"Biaya adalah jauh lebih tinggi dari persimpangan laut berbahaya ke Eropa, yang telah mengklaim setidaknya 3.135 nyawa sepanjang tahun ini," kata laporan itu.

Penulis : Jundii Al Kayyis
Sumber : Al Jazeera

No comments

Powered by Blogger.