Header Ads

Lagi, 13 Migran Suriah Tenggelam di Pantai Yunani

Setidaknya 13 migran, enam diantaranya anak-anak. 2 kapal tenggelam diantara persimpangan berbahaya dari Turki di Laut Aegen Yunani pada Minggu (01/11), kata penjaga pantai yang melihat peristiwa tersebut.

Tragedi pertama terjadi di laut lepas pulau Samos ketika perahu terbalik yang jaraknya hanya 20 meter dari pantai.

Ditemukan dalam kabin tersebut 10 orang, termasuk 6 anak-anak, 4 dari mereka bayi serta seorang gadis yang terdampar di pulau tersebut. Selebihnya puluhan pengungsi lainya telah binasa ketika mereka berusaha untuk mencapai ke Eropa dalam beberapa hari terakhir ini. sementara, 2 orang lainya masih belum bisa diketemukan.

Kapal Frontek juga menyelamatkan 3 orang lain, dan mereka juga membawa 15 orang yang kapalnya tenggelam di perairan Turki.

Otoritas Yunani dan penjaga pantai Turki terus mencari di beberapa zona untuk menemukan migran yang menghilang dan tenggelam, yang mungkin terjadi di pantai lepas Turki,  hal ini diungkpkan oleh perwakilan dari kantor penjaga pantai turki kepada AFP.

Tragedi tenggelamnya kapal migran baru ini menambah serangkaian  sejak Senin di pulau-pulau Yunani Lesbos, Kalymnos dan Rhodes dimana lebih dari 60 orang telah tenggelam, setidaknya 26 dari mereka anak-anak.

Pada hari Jum'at saja 22 orang tewas, termasuk 17 anak-anak, yang ingin mencoba menyebrang ke pulau-pulau Aegen Timur dari Turki. Dan lebih dari 2 juta pengungsi Suriah telah melarikan diri dari negaranya.

Pada hari Rabu juga, 24 migran dan 11 diantaranya anak-anak juga tewas dalam 5 kapal mereka, yang karam  di Lesbos,Samos dan Agathonisi

Datangnya cuaca musim dingin, dan takutnya mereka bahwa Eropa akan menutup pintu untuk para pengungsi, lebih dari 80 orang dan sebagian besar dari mereka adalah anak-anak telah tenggelam saat mereka berusaha untuk mencapai Yunani pada bulan OKtober, menurut perhitungan AFP.

Sejak awal tahun ini, 580.125 migran telah mendarat di pantai Yunani, Menurut badan pengungsi PBB UNHCR, dengan total 723.221 yang melintasi Mediterania ke Eropa.

Perdana Mentri Yunani Alexis Tsiparis mengatakan pada jumat kemarin bahwa penenggelaman adalah "tragedi kemanusiaan" dan "memalukan" untuk Eropa. Dia melakukan perjalanan ke Lesbos MInggu ini dengan presiden Parlemen Eropa Martin Schultz, kata pihak kantornya.

Penulis: Frian Alvian
Sumber:alarabiya

No comments

Powered by Blogger.