Header Ads

Dalam Beberapa Jam Saja, 6 milisi Syi'ah Hizbullah Telah Tewas di Suriah

SETIDAKNYA beberapa jam ini tercatat, telah tewasnya enam militan syi'ah Hizbullah di wilayah Suriah pada Senin, 02 November 2015.

"Tercatat 32 korban tewas selama satu bulan terakhir dari milisi Hizbullah akibat perlawanan dari pasukan oposisi Suriah," tutur media.

Situs terkait dengan Hizbullah mengatakan, mereka yang tewas dari tentara Hizbullah di Suriah, tewas saat melakukan tugas suci.

Wartawan al-Jazeera melaporkan, Kematian sebelumnya telah menewaskan 3 tentara Syi'ah Hizbullah dalam pertempuran yang berlangsung antara pejuang oposisi Suriah di satu sisi dan melawan kekuatan ketertiban serta koalisinya.

Meningkatnya korban tewas dari Hizbullah mencapai 6 jiwa di Suriah terjadi sejak awal intervensi militer Rusia pada bulan Oktober lalu."Perlu dicatat bahwa milisi Hizbullah tidak mengumumkan korban jiwa dari tentaranya yang tewas di Suriah. Namun menurut observasi HAM di Suriah memperkirakan korban tewas akibat pertempuran mencapai lebih dari sembilan ratus pejuang," tutur media sebagaimana diumumkan dari hasil observasi lembaga HAM di Suriah Agustus lalu.

Hizbullah yang beraviliasi dengan rezim Suriah Bashar Assad mendapat kecaman keras dari perlawanan atas keterlibatan militernya di Suriah. Hal ini dapat mempengaruhi keamanan di wilayah Lebanon. Sementara pihak yang mendukung Hizbullah membenarkan intervensinya di Suriah sebagai perlawanan terhadap kelompok-kelompok ekstrimis yang akan mencapai Lebanon bila tidak ditangani olehnya dan pasukan rezim Suriah.

Penulis  : Hafis Syarif
Sumber : Al-Jazeera

No comments

Powered by Blogger.