Header Ads

Untuk Pertama kalinya, Seorang Hakim di Turky Mengenakan Jilbab

SEORANG Hakim perempuan mengenakan jilbab ketika menyelenggarakan persidangan di Turki, hal ini pertama kalinya terjadi dalam sejarah negara Muslim tapi sekuler.

Tidak disebutkan identitas wanita tersebut, namun fotonya dengan mengenakan jubah hitam dan mengenakan jilbab telah tersebar luas di media sosial, bersamaan dengan hal itu para pengguna twitter mengecam sebagai 'Deklarasi Hukum Syariah Islam'.


Sebelumnya  Badan Mahkamah Hakim dan Jaksa telah mencabut larangan hakim dan jaksa mengenakan jilbab. Pencabutan itu dilakukan pada Juni lalu jelang pemilihan parlemen.

Partai Keadilan dan Pembangunan Islam (AKP) Recep Tayyib Erdogan telah lama dituduh yang berusaha untuk memaksa nilai-nilai Islam dalam masyarakat.

Tak hanya itu dalam dua tahun terakhir pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan juga mencabut larangan mengenakan jilbab di sekolah dan kantor pemerintah. Namun, Oposisi dari kalangan sekuler mengecam langkah tersebut.

Namun larangan pemakain jilbab masih tetap berlaku umtuk personil militer dan keamanan. Dalam pemilihan pada hari Minggu, AKP berhasil mendapatkan suara mayoritasnya kembali.

Penulis : Frian Alvian
Sumber :alarabiya


No comments

Powered by Blogger.