Header Ads

Tiga Polisi Mesir Tewas Dalam Serangan Bom Mobil

SETIDAKNYA tiga polisi Mesir tewas ketika seseorang menabrakkan mobilnya yang berisi bom ke sebuah pos polisi lalu meledakkanya. pelaku serangan ini diklaim dari anggota IS, mnurut media pemerintah.

Televisi negara mengatakan ada juga terluka dalam pemboman di ibukota provinsi Sinai Utara, El-Arish. pada rabu (04/11).

Afiliasi Negara Islam (IS) kelompok di Sinai mengatakan salah satu merekalah yang mengendarai sebuah mobil bermuatan bom ke pos polisi di kota.

Para militan telah melakukan serangkaian serangan di sekitar ibukota provinsi dalam beberapa bulan terakhir setelah militer melancarkan kampanye militer di semenanjung berbatasan Israel dan Jalur Gaza.

Serangan itu terjadi beberapa hari setelah sebuah pesawat penumpang Rusia jatuh  setelah lepas landas dari bandara resort di Sinai Selatan dan menewaskan semua 224 orang di dalamnya.

IS telah mengklaim jatuh pesawat, tapi belum memberikan rincian apapun, dan para ahli mengatakan skenario lainnya mencakup kesalahan mekanis yang menyebabkannya hancur di udara.

Kelompok IS pernah menembakkan rudal anti pesawat, namun militer tidak mengetahui kalau IS punya teknologi yang bisa menghancurkan pesawat dalam keadaan terbang yang sangat tinggi.

Militan di Sinai telah menewaskan ratusan polisi dan tentara sejak presiden Islamis menjungkalkan militer Mohamed Morsi pada 2013.

Mereka mengatakan serangan mereka dalam rangka pembalasan atas tindakan keras polisi, di mana ratusan pendukung Morsi telah tewas dan, termasuk presiden digulingkan yang telah dipenjara.

Selama dua tahun, 3.200 keluarga telah diusir dari rumah mereka karena pemerintah meratakan bangunan dekat perbatasan Gaza dalam upaya untuk menghancurkan terowongan yang menghubungkan Jalur Gaza dengan Mesir, menurut Human Rights Watch.

Penulis: Taufiq

Sumber: middle east eye

No comments

Powered by Blogger.