Header Ads

2017 Dewan Keamanan Nasional Turki Bertekad Melawan Teror Di Dalam Dan Luar Negeri



SOHAFY,Turki - Tahun 2017 untuk pertama kalinya Dewan Keamanan Nasional (MGK) diselenggarakan di Komplek Kepresidenan Ankara kemarin selasa malam (31/1). Dalam hal ini Dewan Keamanan Nasional menekankan akan komitmen negara untuk melawan teror baik itu di dalam maupun luar negeri, yang mana setelah satu tahun kenangan mengerikan terjadi yaitu serangan teroris dan upaya kudeta.

Sebuah pernyataan yang dirilis setelah pertemuan itu menyatakan, bahwa pertemuan tertutup yang diselenggarakan di bawah pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan itu berlangsung lebih dari delapan jam dan dihadiri oleh wakil perdana mentri, mentri kehakiman negeri, pertahanan nasional dan luar negeri.

"Fakta membuktikan bahwa kelompok-kelompok militan memasok senjata sehingga membuka jalan dan memperkuat teror yang ada. Dewan Keamanan juga menegaskan kembali akan komitmen kuat Turki untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap serangan teror yang tidak proporsional yang menargetkan negara kita baik di dalam maupun luar negeri," kata pernyataan itu seperti di kutip dari Daily Sabah.

Dewan Keamanan juga membahas negoisasi Siprus yang telah datang di sepanjang jalan semenjak pembicaraan reunifikasi bulan mei 2015 lalu.

"Dalam perundingan Geneva, yang bertujuan untuk menemukan solusi masalah Siprus juga dibahas secara menyeluruh dan langkah-langkah untuk melindungi hak dan kepentingan Republik Turki Siprus Utara yang juga dievaluasi dalam pertemuan itu," tambahnya.

pernyataan itu juga membahas pada perang sipil di Suriah dan pembicaraan astana. "mejaga dan memperkuat gencatan senjata danperundingan Astana juga dibahas secara rinci," pungkasnya.

Lebih jauh, peryataan itu juga menyatakan bahwa Turki akan terus melakukan upaya dan tanggung jawab untuk memulai transisi politik di Suriah.

Reporter MuftiAmr
sumber http://www.dailysabah.com/war-on-terror/2017/01/31/first-national-security-council-of-2017-reiterates-turkeys-resolve-against-terror-at-home-abroad

No comments

Powered by Blogger.