Header Ads

Dewan Keamanan PBB Mengutuk Korea Utara Atas Peluncuran Rudal


Sohafy - Dewan Keamanan PBB pada hari Senin "sangat mengutuk" atas peluncuran rudal balistik yang baru-baru ini oleh Korea Utara, menyebut mereka "pelanggaran berat" dari kewajiban internasional negara pulau yang terisolasi ini.

"Para anggota Dewan Keamanan menyesalkan semua atas pencetusan tersebut, Republik Demokratik Rakyat kegiatan rudal balistik Korea, termasuk peluncuran ini, tercatat bahwa kegiatan tersebut berkontribusi pada Republik Demokratik Rakyat pengembangan Korea dari sistem pengiriman senjata nuklir dan meningkatkan ketegangan," kata Dewan PBB, menggunakan nama resmi negara.

Korea Utara mengklaim pada hari Senin itu berhasil menguji jarak menengah rudal baru pada akhir pekan lalu, meninggalkan Korea Selatan mempertimbangkan tindakan balasan. Pernyataan mengutuk Dewan dikutip dua peluncuran baru-baru ini, salah satu Sabtu lalu, 11 Februari, dan lainnya pada 19 Oktober tahun lalu.

Korea Utara telah selesai mengejar program nuklir dan rudal, banyak yang kecewa dan kemarahan dari tetangga negara dan sekutu terbesar, Amerika Serikat, serta aktor internasional lainnya.

Pada bulan Desember, Dewan Keamanan mengklaim Utara dengan satu set segar sanksi resolusi bulat, menargetkan apa yang mantan Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon yang disebut "salah satu perdamaian dan keamanan tantangan paling abadi dan menekan waktu kita".

Pada 2016, bangsa otokratis melakukan dua uji coba nuklir dan setidaknya 25 peluncuran menggunakan rudal balistik.September, ditandai dengan tes yang paling kuat dari kampanye nuklir selama satu dekade Korea Utara. Menyebabkan 5,3 SR seismik shock di situs pengujian Punggye-ri nya.

Pasukan Korea Selatan dan Amerika melakukan latihan rutin besar yang akan dimulai bulan depan, meskipun lonjakan ketegangan dipicu oleh latihan musim semi di masa lalu.

Sekutu bisa lebih marah pada Korea Utara, tahun ini jika mereka pergi ke depan dengan rencana untuk menyebarkan Terminal High Altitude sistem di Area Defense
(THAAD) anti-rudal di Selatan.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/europe/184752/un-security-council-condemns-north-korea-missile-launch

No comments

Powered by Blogger.