Header Ads

Dua Orang Tewas Dalam Operasi Pencarian Pelaku Serangan Paris

DUA orang tewas, termasuk seorang wanita yang meledakkan dirinya saat adu tembak dengan polisi Paris yang memburu pelaku serangan mematikan pekan lalu. Menurut sumber-sumber, adu tembak terjadi di utara kota Paris pada hari rabu.

Para tentara berpatroli di jalan-jalan, dan para polisi baku tembak dengan orang-orang yang bersembunyi di sebuah apartemen di pinggiran kota Saint-Denis, menurut sumber polisi

Orang ketiga masih bersembunyi di dalam apartemen, dan setidaknya tiga polisi terluka, kata mereka.

Operasi bertujuan untuk menangkap yang diduga dalang dalam serangan mematikan Jumat di Paris, Belgia Abdelhamid Abaaoud, yang telah aktif dengan kelompok Negara Islam di Suriah, kata sebuah sumber.

Menurut laporan middle east eye pada rabu (18/11), operasi ini dilakukan untuk memburu dalang pada serangan pada jum'at lalu di Paris, yang disebut-sebut Belgia Abdelhamid Abaaoud. yang diklaim aktivis ISIS.

Serangan itu mulai sebelum fajar, pada sekitar 4:30 (0330 GMT), pada sebuah apartemen di persimpangan Rue de la Republique dan Rue Corbillon.

Daerah ini adalah rumah bagi Stade de France, salah satu dari beberapa tempat yang terkena serangan senjata dan pengebom bunuh diri pada hari Jumat, yang di klaim pelakunya adalah ISIS.

Serangan yang terkoordinasi menewaskan 129 orang dan melukai lebih dari 350, dan beberapa dari mereka kritis.

Seorang warga setempat yang mengidentifikasi dirinya sebagai Alexia mengatakan kepada AFP dia mendengar tembakan, dan bom seperti geranat.

"Saya mendengar letupan tembakan senapan mesin," kata Reda, seorang sopir taksi. "Aku keluar dari mobil, polisi bertopeng menghentikan kami dan menyuruh kami untuk pergi."

Serangan ini terjadi setelah Eropa di tempatkan pada siaga satu.
Setelah pelaku kesembilan ikut terlibat dalam baku tembak ini.

Tidak jelas siapakah pria kesembilan ini. apakah ia salah satu dari kedua tersangka yang ditahan di Belgia. Salah satu yang terlibat dalam pengeboman adalah Salah Adeslam yang menjadi buron selama 26 tahun oleh polisi Perancis. Ia telah ikut andil dalam aksi pengeboman tersebut.

Polisi juga melakukan penggerebekan di barat daya Prancis , di Ariege , Toulouse dan departemen Haute - Garonne .

Operasi adalah bagian dari strategi anti terorisme dan penyelidikan masalah Paris, kata seorang penyidik ​​kepada AFP .

Presiden Prancis Francois Hollande pada hari Rabu akan mengadakan pertemuan untuk  memperpanjangan keadaan darurat selama tiga bulan setelah serangan terburuk Perancis. Ini kemudian akan dilanjutkan pememilihan anggota parlemen pada hari Kamis dan Jumat .

Eropa masih dalam keadaan siaga sejak serangan pada hari jum'at lalu, yang menyebabkan pertandingan antara Jerman dan Belanda yang akan diselenggarakan pada hari selasa dibatalkan.

Polisi menigkatkan pemburuan para pelaku aksi tersebut, jet Perancis dan Rusia bergabung menyerang ISIS, yang memang menjadi target utama. Jet-jet Perancis dan Rusia melancarkan serangan ke daerah Raqqa tiga hari berturut-turut.

Sementara itu, dua penerbangan Air France menuju Paris dari Amerika Serikat dialihkan pada selasa dan mendarat dengan selamat setelah ada ancaman akan dibom.

Penulis: Taufiq

Sumber: MEE

No comments

Powered by Blogger.