Header Ads

Penurunan Besar Dalam Jumlah Migran Yang Mengambil Rute Aegean


Sohafy, Turki - Jumlah pencari suaka tertangkap menyeberangi Laut Aegea antara Turki dan Yunani yang telah menurun 85 persen sejak kesepakatan yang telah ditandatangani dengan Uni Eropa tahun lalu, menurut data yang dikumpulkan dari Command Turki Coast Guard, Selasa.

Bulan Maret menjadi tanda ulang tahun pertama kesepakatan pengungsi antara Uni Eropa dan Turki.

Menurut data resmi, 16.627 pengungsi dicegat di Aegean setelah kesepakatan Turki-Uni Eropa yang sementara angka ini adalah 111.133 tahun sebelum perjanjian.

Data menunjukkan bahwa antara April 2015 dan Maret 2016, 437 orang tenggelam ketika mencoba untuk mencapai Yunani. Angka ini turun 95 persen menjadi 20 sejak kesepakatan yang ditandatangani antara Ankara dan Brussels.

Data tampaknya mencerminkan keberhasilan Uni Eropa-Turki diterima kembali kesepakatan yang mulai berlaku Maret lalu untuk memotong migrasi ilegal dan menekan perdagangan manusia.

Puluhan ribu telah mencoba melakukan perjalanan singkat tapi perjalanan tersebut berbahaya di seluruh Aegea sebelum menuju ke utara dan barat Eropa.

Organisasi Internasional untuk Migrasi diperkirakan ada lebih dari 363.000 pendatang di Eropa melalui laut tahun lalu.

Berdasarkan kesepakatan dengan Uni Eropa, Turki telah meningkatkan upaya untuk mencegah migran anggota Uni Eropa Yunani melalui rute ilegal dan telah setuju untuk mengambil kembali orang-orang yang mendarat di Yunani sebagai imbalan untuk pemukiman kembali pengungsi Suriah di Eropa.

Pada Maret 2016 Pernyataan EU-Turki dibayangkan formula "satu-untuk-satu" di mana gagal pencari suaka di Eropa akan kembali ke Turki sementara pengungsi Suriah akan dimukimkan kembali di negara-negara Uni Eropa di bawah sistem kuota.

Namun, laporan yang diterbitkan oleh Komisi Eropa awal bulan ini mengungkapkan angka yang dijanjikan dalam pernyataan Uni Eropa-Turki belum terealisasi.
Turki juga tetap bahagia atas kegagalan untuk memperkenalkan liberalisasi visa bagi warganya, ditambah kurangnya pengiriman dana komitmen oleh Eropa untuk kesejahteraan pengungsi.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/balkans/186617/huge-drop-in-migrant-numbers-taking-aegean-route

No comments

Powered by Blogger.