Header Ads

Rumania: Massa Memasuk Hari Kelima Demonstrasi

Protes terbesar Rumania sejak Komunisme lampau, kini memasuki hari kelima. Dengan ratusan ribu massa yang ikut berdemonstrasi, diharapkan bisa menentang dan menarik mundur pemerintah dalam menyikapi pemerintah yang pro terhadap tindak korupsi.

Pada Jumat malam, sekitar 250.000 orang berdemonstrasi memanggil pemerintah nasional untuk mencabut dekrit yang mendekriminalisasi pelanggaran korupsi tertentu dan membebaskan pejabat korup dari penjara.

Skala protes mendekati Rabu malam, yang terbesar sejak tahun 1989 ketika kekuasaan diktator komunis Nicolae Ceausescu digulingkan. Ia dan istrinya dieksekusi pada Hari Natal.

"Pemerintah ingin melegalkan kejahatan kerah putih, yang benar-benar berbahaya," Sergiu, 43, seorang karyawan bank melampiaskan kemarahannya pada Bucharest VictorySquare, pusat protes.

Protes pada hari Jumat di ibukota, yang melibatkan sekitar 100.000 massa. Melihat patung dari pejabat pemerintah ada di depan mereka, serempak diarak melalui kerumunan banyak untuk dicemoohkan dan teriakan "Pencuri!".

Para pengunjuk rasa bertindak sebagai pengusung jenazah untuk peti mati yang bertuliskan prasasti "keadilan Rumania" ini semua dilakukan melalui kerumunan, sementara yang lain memberikan rendition meriah dari lagu kebangsaan.

"Saya bukan orang kiri, saya tidak sayap kanan. Pandangan saya adalah kanan-tengah. Tapi aku ingin menghormati," kata Armand, 34, seorang ekonom yang mengambil bagian.

Reporter : Eno Aldi
Sumber  :http://www.worldbulletin.net/caucasus/184215/romanian-mass-protests-enter-fifth-day

No comments

Powered by Blogger.