Header Ads

51 Miltan IS Terbunuh Dalam Serangan Udara Turki


SOHAFY, Hasakah – Serangan udara AU Turki kembali menargetkan para militant IS yang berbasis di kota Al-Bab, Suriah Utara, pada hari Sabtu dan mengakibatkan puluhan militan tewas dan juga lainnya luka-luka, dikutip dari sumber resmi.
Komando Pusat AD Turki mengatakan, bahwa pesawat tempur yang menargetkan 59 titik basis IS di Al-Bab, menewaskan sedikitnya 51 militan IS.

“Serangan udara pada Sabtu menyebabkan kehancuran 56 bangunan IS yang dikuasai dan tiga pusat komando di kota Al-Babdan kota terdekat dari Baza’a,” Kata AD Turki dalam sebuah pernyataan.

Hal ini berlangsung ditengah operasi militer lanjutan oleh pasukan Turki dan kelompok pemberontak sekutu, Brigade Perisai Efrat di sekitar Al-Bab, dalam upaya pengambil alihan kota dari militan IS.

Abu Iad Asy-Syami, anggota dari Brigade Perisai Efrat, mengatakan kepada ARA News bahwa para pejuang mereka telah mengusir IS dari bagian utama di timur Al-Bab.

“Berkat dukungan udara pasukan Turki, kami berhasil menguasai sektor utama di bagian timur Al-Bab, dekat dengan basis IS yang berada didalam kota,”kata Asy-Syami.

Sumber militer mengatakan, kelompok pemberontak dan militer Turki pada hari Sabtu, juga berhasil merebut desa Al-Shamawiya Al-Hammah, di selatan Al-Bab setelah terjadi baku tembak dengan IS, seperti yang dilansir ARA News.

Militer Turki dan kelompok pemberontak terus menargetkan Al-Bab selama hampir dua bulan, akibatnya adalah korban yang jatuh secara signifikan tanpa mengamankan situasi kota. Oleh karena itu IS membangun terowongan bawah tanah dan parit yang luias untuk mengantisipasi hal tersebut.

Pada tanggal 24 Agustus, militer Turki dan faksi pemberontak sekutu melancarkan Operasi Perisai Efrat. Sebagai bagian dari operasi, militer Turki dan juga sekutunya mengambil alih kota Jarablus pada bulan Agustus.

Pada awal Januari, Angkatan Udara Rusia melakukan beberapa serangan udara di dekat Al-Bab, pihaknya menargetkan basis pertahanan dan juga unit taktis milik IS. Serangan udara Rusia menghancurkan sedikitnya lima basis pertahanan IS, membunuh dan melukai puluhan militan IS.

Pada tanggal 4 Januari, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa serangan Turki serangan Turki dalam mendukung Operasi Perisai Efrat adalah untuk merebut kota Al-Bab Suriah dari tangan IS.

Oleh : Azzam Barbarossa

No comments

Powered by Blogger.