Header Ads

Kery Bertemu Abbas Bahas Perdamaian Israel-Palestina

MENTERI  luar negeri AS John Kerry bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas,  pada Sabtu (24/10). Sebagai bagian dari dorongan diplomatik internasional untuk memadamkan gelombang kekerasan Israel-Palestina mematikan.

pertemuan ini disebabkan oleh seorang remaja Palestina diduga mencoba untuk menusuk penjaga keamanan Israel di sebuah pos pemeriksaan di kota Tepi Barat, Jenin lalu ditembak mati, menurut polisi Israel.

Saksi mata mengatakan kepada Ma'an News Agency bahwa remaja, yang belum diidentifikasi, tidak berusaha untuk menusuk siapa pun ketika pasukan Israel melepaskan tembakan. Mereka juga mengatakan bahwa tentara mencegah  ambulans Bulan Sabit Merah menolong anak itu.

Kerry telah mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Berlin pada Kamis(22/10), serta bertemu Abbas di Amman, dan ia  juga akan bertemu Raja Yordania Abdullah II, untuk menjaga kompleks masjid Yerusalem Al-Aqsa yang telah menjadi titik fokus dari kerusuhan .

Masyarakat internasional memang berusaha menghentikan gelombang kekerasan yang dimulai tiga minggu lalu.

Ketegangan yang terjadi di kompleks masjid telah memicu gelombang serangan , penembakan  mobil-rammings terhadap Israel, serta bentrokan antara warga Palestina dan pasukan keamanan Israel dan serangan oleh pemukim Yahudi kepada warga Palestina.

Kekerasan mulai berkobar di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada hari Jumat ketika gerakan Palestina menggelar aksi protes terhadap Israel.

Pemuda palestina melemparkan batu ke polisi Israel,lalu dibalas dengan gas air mata dan tembakan di pos pemeriksaan di Tepi Barat, di mana 20 warga Palestina menderita luka tembak.

Menurut layanan darurat, 65 orang, termasuk tiga wartawan, terkena tembakan Israel di Jalur Gaza yang diblokade.

Netanyahu telah berulang kali menuduh Abbas telah memicu konflik dengan menyarankan Israel ingin mengubah status quo di kompleks Al-Aqsa di mana orang-orang Yahudi diizinkan untuk mengunjungi tetapi tidak berdoa.

Namun, para pemimpin Palestina dan aktivis mengatakan serangan Israel di kompleks menjelang gelombang kekerasan terakhir. Termasuk pasuan Israel menembakkan peluru karet dan gas air mata di Palestina di masjid yang mereka mengatakan sedang merencanakan serangan, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Penulis: Taufiq

Sumber: middle east eye
Kerry, Abbas meet as Palestinian-Israeli unrest continues - See more at: http://www.middleeasteye.net/news/kerry-abbas-meet-palestinian-israeli-unrest-786354752#sthash.w6LFSspA.dpuf

No comments

Powered by Blogger.