Header Ads

Cegah IS, PBB Umumkan Pemerintahan Baru di Libya

SOHAFY.GA, Maroko - Kepala PBB Dukungan Misi untuk Libya (UNSMIL), Bernardino Leon menyampaikan pengumuman tentang pemerintahan baru Libya pada konferensi pers di Libya Jum'at (9/10).

Hal ini di umumkan setelah pembicaraan damai konflik Libya di kota Skhirat, Maroko pada 12 September 2015. Selain itu, utusan PBB ini juga memberikan sebuah daftar orang-orang yang telah setuju untuk menjadi anggota dewan presiden dan wakil perdana menteri.

Leon juga mengungkapkan kepercayaannya Bahwa, kandidat dewan presiden dan wakil perdana menteri ini bisa bekerja dengan baik dalam pemerintahan baru Libya.

"Kami percaya kandidat yang ada dalam daftar ini bisa bekerja," ujarnya.

Selain mengumumkan, utusan PBB ini juga meminta maaf kepada semua masyarakat Libya. Karena, sebelumnya tidak bisa menindak lanjuti pengajuan pemerintah baru seperti yang dia lakukan sekarang ini.

"Untuk semua masyarakat Libya kami meminta maaf karena tidak bisa mengajukan pemerintah ini sebelumnya," ungkapnya.

Dalam sepekan terakhir, Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon serta diplomat lainnya bertemu. Untuk membicarakan ketidakstabilan di Libya yang berpotensi membantu kelompok seperti IS dalam menguasai wilayah Libya.

Untuk sekarang, Negara kaya minyak ini telah terpecah antara pemerintah Islam yang berbasis di Tripoli dan pemerintah yang diakui secara internasional di wilayah timur Libya.

Penulis: Andrean
Sumber: http://www.middleeasteye.net/news/breaking-libya-announces-unity-government-302945632


No comments

Powered by Blogger.