Header Ads

Kibarkan Bendera Palestina Di Balai Kota, Inilah Bentuk Solidaritas Kota Dublin



SOHAFY, Dublin - Sebuah Sub Komite Dewan Kota Dublin meluapkan perasaannya dengan mengibarkan bendera Palestina di atas City Hall dalam solidaritasnya dengan rakyat Palestina. Yang hidup dibawah kebrutalan penjajahan Palestina.

Langkah tersebut  mungkin dapat memicu ketegangan internasional, bendera dapat dikibarkan diatas ikon bangunan pada bulan Mei.

Tahun ini akan menjadi ulang tahun ke-50 awal pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza.
Gagasan untuk hal ini telah diusulkan oleh orang sebelum Profit Dewan John Lyons, dan disahkan pada Kamis lalu. Tetapi akan diperlukan untuk bergerak sebelum keputusan penuh dewan diberikan.

Ia mengatakan itu adalah sikap dari solidaritas dengan orang-orang Palestina. Serta mengatakan, orang-orang Irlandia telah mengadakan demonstrasi besar dalam mendukung negara Palestina dalam beberapa tahun terakhir.

“Jika bendera itu menyebabkan sedikit perdebatan antara beberapa orang yang tidak yakin bendera ini berkibar di atas balai kota, saya pikir itu merupakan perkembangan yang disambut,”ujarnya. “Saya pikir sikap itu sendiri adalah salah satu simbolik, pengibaran bendera. Saya pikir semakin banyak orang berpendapat bahwa negara Israel telah berlebihan dalam berperilaku. Yaitu dengan menggunakan cara yang ekstrim sehingga menimbulkan destabilisasi.”

“Saya juga berpikir, hal itu akan lebih membuka mata orang-orang yang hanya melihat realitas sebenarnya dari kehidupan sehari-hari warga Palestina yang hidup dibawah penjajahan. Hal itu merupakan tindakan yang benar-benar brutal,”katanya.

Pernyataan Negara

“Dengan memperhatikan laporan terbaru dari perkembangan diplomatic dengan negara Irlandia demi pengakuan penuh negara Palestina. Hal ini disadari juga bahwa Irlandia telah diberikan delegasi Palestina dalam status diplomatic Dublin pada 2014. Tahun yang sama dengan menyaksikan kedua negara dari Oireachtas melalui gerakan yang mendukung negara Palestina. Dewan kota ini akan mengibarkan bendera Palestina dibanyak balai kota pada bulan Mei 2017 mendatang untuk mendukung langkah diplomatic atas dan sebagai isyarat solidaritas kami dengan rakyat Palestina. Yang hidup dibawah agresi di Tepi Barat dan Gaza, serta bersama warga Palestina dari Israel menyangkal hak-hak demokratis dasar. Serta bersama 7 juta pengungsi Palestina membantah hak kembali ke tanah air mereka.”

Kedutaan Israel di Irlandia yang dihubungi tidak menyediakan komendtar dalam kaitannya dengan keputusan dewan kota Dublin.

Namun, dubes sebelumnya menyatakan keprihatinan tentang Irlandia yang membuat Duta Besar Zeev Boker dilaporkan mengirim peringatan ke Yarusalem tentang hal ini saat Ferbruari kemarin.

Kedaulatan Irlandia

Oleh : Azzam Barbarossa

Sumber : World Bulletin

No comments

Powered by Blogger.