Header Ads

PBB Bantu $ 1.6b Untuk Yang Dilanda Perang Sudan Selatan


Sohafy - Senin, PBB mencari dana $ 1600000000 tahun ini untuk mendukung 7,5 juta orang pejuang untuk bertahan hidup perang saudara Sudan Selatan yang sudah berlangsung selama tiga tahun.

Eugene Owusu, koordinator kemanusiaan PBB untuk Sudan Selatan. Mengatakan, situasi di negara itu "memburuk secara dramatis karena kombinasi menghancurkan konflik, penurunan ekonomi dan guncangan iklim".

"Di tahun 2017, kami menghadapi kebutuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya dari lokasi, dan kebutuhan ini akan meningkat selama musim ramping mendatang," tambahnya.

Sejak konflik di Sudan Selatan, yang dimulai pada Desember 2013, sekitar 3,4 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka, termasuk hampir 1,9 juta orang yang telah terlantar dan sekitar 1,5 juta orang yang telah melarikan diri sebagai pengungsi ke negara-negara tetangga.

Kepala bantuan PBB mengatakan, diperkirakan 7,5 juta warga di seluruh Sudan Selatan sekarang membutuhkan bantuan kemanusiaan dan perlindungan.

"Dengan kebutuhan yang meningkat pesat, kami telah ketat diprioritaskan Rencana Tanggap Kemanusiaan 2017 untuk menargetkan mereka yang paling mendesak membutuhkan bantuan dan perlindungan," ujar Owusu.

"Keadaan ini Sangat penting banding ini yang akan didanai diawal, dan didanai sepenuhnya, sehingga pekerja bantuan dikerahkan di seluruh Sudan Selatan dapat merespon kokoh dan cepat." tambahnya.

Hampir tiga tahun perang saudara di Sudan Selatan telah menewaskan puluhan ribu orang dan pengungsi 2,4 juta dalam konflik ditandai dengan pelanggaran hak asasi manusia.

Reporter : Eno Aldi
Sumber  : http://www.worldbulletin.net/balkans/184726/un-seeks-16b-for-war-torn-south-sudan

No comments

Powered by Blogger.