Header Ads

NATO: Mulai Pelatihan Menangani Bom Anti-IS di Irak


Shohafy  - NATO telah mulai melatih tentara Irak tentang bagaimana untuk menetralisir bom yang ditanam oleh kelompok ISIL, menurut aliansi, Minggu. NATO juga memperluas program yang sudah berlangsung di tempat lain, yakni di negara tetangga Yordania.

Sejak bulan lalu, penasihat NATO di Irak telah mengawasi program kerja sama sipil-militer dan overhaul dari institusi keamanan.

Namun hingga saat ini, pelatihan pasukan Irak di bidang-bidang tertentu seperti de-pertambangan dan pembuangan persenjataan telah terjadi di Yordania."Senjata terbaik yang kita miliki dalam memerangi terorisme adalah dengan melatih pasukan lokal" ujar Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg seperti dikutip dalam sebuah pernyataan dari aliansi.

"Militer Irak lebih efektif dan lebih aman di Irak, sementara di Timur Tengah lebih stabil."anggota aliansi telah sepakat untuk pelatihan diperluas pada pertemuan puncak mereka di Warsawa Juli lalu.

Sejak Oktober, NATO juga telah mengerahkan pesawat pengintai AWACS di kawasan itu untuk meningkatkan pertempuran koalisi yang dipimpin AS terhadap IS, mereka juga bergerak untuk memutuskan pada pertemuan di puncak Warsawa.

Pesawat-pesawat adalah salah satu aset beton beberapa yang NATO memiliki, dengan sebagian besar persenjataan yang militer milik negara anggota perindividu.

Reporter : Eno Aldi
Sumber  : http://www.worldbulletin.net/america-canada/184271/nato-starts-anti-is-bomb-training-in-iraq

No comments

Powered by Blogger.