Header Ads

Emir Qatar : Tetap Teguh Membela Perlawanan Rakyat Palestina


EMIR Qatar, Syaikh Tamim Bin Hamad al Thani mengatakan, kami tetap teguh  pada prinsip-prinsip kami untuk rakyat Palestina dengan Intifadahnya dalam membela Yerussalem. Hal itu disampaikannya dalam sambutan di hadapan dewan syura di Doha pada selasa pagi, 3 November 2015.

Syaikh Tamim mengatakan, pada hari ini kita menyaksikan ketabahannya rakyat Palestina dalam perlawanannya atas Israel, demi membela agama dan tempat suci Islam (al-Quds) serta mempertahankan diri mereka atas kekejaman praktek-praktek penjajahan zionis Israel. Begitu pula dengan yang dialami rakyat Suriah dalam membela haknya demi hidup bermatabat bebas di tanah air mereka.

"Kami menegaskan atas komitmen kami dalam menuntut keadilan dan tetap teguh dalam prinsip-prinsip kami untuk membantu menyelesaikan semua masalah yang terjadi di wilayah Timur tengah," tegas beliau.

Emir Qatar menambahkan, kebijakan Qatar untuk tidak mengubah prinsip dalam memberi dukungan, yang mungkin publik kini telah mengetahuinya. Sehingga hal ini semoga dapat merevisi diri kita dan mengambil tindakan dalam rangka untuk memperbaiki kesalahan yang dahulu serta berusaha tidak melakukan kesalahan kembali, maka kami tetap tidak mengubah prinsip kami.

Tamim melanjutkan dalam pidatonya, meskipun di sisi ekonomi Timur tengah kini mengalami ketidakstabilan dan penurunan tajam terkait harga minyak dan gas. Akantetapi Qatar dalam hal ini mengalami pertumbuhan yang baik selama tahun 2014 lalu sekitar 6,1 persen.

"Keuntungan dalam pertumbuhan yang cepat dengan harga minyak yang tinggi, sehingga dapat membawa kami dalam mengambil peran dan tanggung jawab. Begitu pula negara-negara Arab masing-masing juga dapat berpartisipasi sesuai kemampuannya dalam membawa keadilan, serta bukan merasa ada keadilan ketika ada masalah warga negaranya kemudian berkontribusi," tutur Tamim.

Penulis  : Hafis Syarif
Sumber : Al-Jazeera, Al-Araby al-Jadid

No comments

Powered by Blogger.