Header Ads

Menlu Turki : Rusia Melanggar Wilayah Perbatasan Udara

SOHAFY.GA, Turki - Menteri Luar Negeri Turki Feridun Sinirlioglu mengatakan, pesawat tempur Rusia telah melanggar wilayah udara pada  hari Sabtu pukul 12.08 [0908GMT]  dari wilayah Yayladagi di provinsi Hatay selatan Turki. Hal itu di sampaikan melalui pernyataannya pada hari Senin, 5 October 2015 pukul 09:15 UTC.

"Pesawat Rusia melanggar wilayah udara Turki pada pukul 12.08, setelah itu dicegat oleh dua pesawat F-16 dari Angkatan Udara Turki, yang sedang melakukan patroli di kawasan itu," kata pernyataan itu.

Dalam hal itu Menlu Turki menelepon Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov untuk mengeluh tentang insiden itu dan memanggil duta besar Rusia di Ankara. Serta Akting Wakil Ahmet Muhtar Gun sangat memprotes  tentang serangan kepada duta besar dan menuntut itu tidak pernah terjadi lagi.

"Rusia akan bertanggung jawab atas "insiden yang tidak diinginkan" yang dihasilkan dari pelanggaran masa depan," ujar Gun

Sinirlioglu juga berbicara dengan sekutu NATO Turki tentang insiden itu.

Rusia dan Turki telah lama berselisih atas krisis di Suriah. Hal itu dipicu saat Rusia memberikan dukungan penuh atas kekejaman rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad pada 30 September.Meskipun Rusia mengaku menargetkan Daesh, namun AS dan sekutunya telah mengeluhkan serangan udara Rusia tersebut.

"Turki terus mendesak penggulingan rezim, sebagai satu-satunya solusi untuk konflik ini," tegas Menlu Turki

Hal itu pula Presiden Recep Tayyip Erdogan juga memperingatkan bahwa pemboman Rusia di Suriah tidak dapat diterima dan suatu kesalahan besar.

"Kami terus mengkampanyekan bahwa pemboman di Suriah tidak dapat diterima, serta Moskow sedang membuat kesalahan besar," Pukas Erdogan.


Penulis : Hafis Syarif
Sumber  : http://goo.gl/ESY9k5, http://goo.gl/FyycWO

No comments

Powered by Blogger.