Header Ads

Langgar Batas Udara Yang Kedua Kali, Turki Panggil Duta Besar Rusia

SOHAFY.GA, Turki - Pemerintah Ankara panggil Duta Besar Rusia, setelah jet Rusia melakukan pelanggaran yang kedua kalinya di batas wilayah udara Turki Selasa (6/10).

Pelanggaran jet Rusia yang kedua kalinya, terjadi pada hari Minggu 4 Oktober 2015 menurut sumber Ankara. Nato sejauh ini juga telah mendesak Moskow untuk mengakhiri serangan udara "pada oposisi Suriah dan warga sipil".

Alih-alih mengakui kesalahannya namun, Pemerintah Rusia malah mengeluarkan pernyataan di depan 28 anggota Nato yang mencakup Turki. Bahwa "bahaya yang ekstrem adalah tingkah laku yang tidak bertanggung jawab seperti mendesak Rusia untuk berhenti dan menghentikan".

Pelanggaran Rusia ini juga telah membuat NATO turun tangan dengan menggambarkan perilaku Suriah sebagai "perilaku yang tidak bertanggung jawab".

Menteri Luar Negeri AS menyatakan keprihatinannya atas insiden ini. Dan Washington juga telah menekan Rusia untuk menghindari insiden udara.

Selain itu juga John Kerry mengatakan, Turki berhak untuk menembak jatuh jet Rusia bila pihak Moskow langgar batas wilayah  udara Turki.

Penulis: Andrean
Sumber: http://www.bbc.com/news/world-europe-34450827



No comments

Powered by Blogger.