Header Ads

Milisi Houthi, Bantai Aktivis Jurnalis


Sohafy, Yaman - Menurut aktivis Hak Asasi Manusia, Milisi Haouthi, Taiz, terus bergeriliyawan membunuh warga sipil di Taiz, terutama jurnalis yang kehidupanya selalu menyampaikan kabar keadaan setempat kepada khalayak umum.

Dalam pidato yang disampaikan oleh para aktivis tersebut, mereka menyalahkan milisi Houthi. Karena menurutnya, Haouthi yang menghasut pembunuhan dan membantai terhadap wartawan.

Jurnalis Yaman Syndicate mengatakan, apa yang dilakukan gerilyawan adalah pembantaian terhadap wartawan yang hanya berusaha untuk meliput bentrokan diTaiz.

Jurnalis Yaman Syndicate memegang sepenuhnya tanggung jawab pimpinan Houthi atas kejahatan yang terjadi setelah dendam sistemik terhadap media yang dipimpin oleh pemimpin Houthi yang secara terang-terangan menyerukan pembunuhan terhadap wartawan.

Sindikat tersebut menambahkan bahwa kesunyian organisasi internasional semakin mendorong kejahatan dan pelanggaran hukum internasional. Hal tersebut tentu mendesak PBB dan masyarakat internasional untuk bertanggung jawab penuh menangani pembunuhan tersebut karena seperti itu merupakan kejahatan perang oleh pengadilan internasional.

Pusat Informasi dan Pelatihan Hak Asasi Manusia (HRITC) meminta masyarakat internasional untuk mengutuk tindsakan kriminal tersebut dan memberikan tekanan lebih untuk mengakhiri pembantauan tersbut.

Pusat Internasional tersbut mengatakan bahwa membunuh wartawan adalah merupakan hal kejahatan kemanusiaan dan pemberontakan tingkat pertama yang harus diadili di pengadilan internasional dan lokal (setempat).

Selain itu, (HRITC) juga mendesak masyarakat intenasional dan organisasi kemanusiaan untuk segera mengirim bantuan dan mendesak kepada Taiz yang selama ini mengalami pemboman dan penghancuran terus menerus salama hampir dua tahun.

Reporter: Eno Aldi
Sumber: http://english.aawsat.com/theaawsat/news-middle-east/yemeni-activists-houthi-instigated-journalists-killings

No comments

Powered by Blogger.