Header Ads

Sekitar 500 Ribu Pengungsi Sudan Selatan telah Ditampung Sudan Sejak Pecahnya Perang di Juba



SOHAFY, Khartoum - PBB melaporkan bahwa sampai saat ini Sudan telah menampung sekitar 500 ribu pengungsi dari Juba, Sudan Selatan, semenjak pecahnya perang saudara di Juba pada tahun 2013 lalu. Yang dimana Sudan menyediakan tempat penampungan serta makanan bagi mereka  di Kamp-kamp sekitar Nil Putih, Kardofan selatan, dan Darfur Timur.

Kementerian Luar Negeri Sudan, pada hari Minggu (28/05) lalu mengatakan bahwa dirinya telah menerima surat dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang berisi ucapan terima kasih serta penghargaan atas upaya PBB di Sudan utuk meringankan krisis kemanusiaan yang sedang belangsung di Sudan Selatan.

Guterres juga menekankan PBB untuk memberikan apresiasi kepada Sudan, dalam upayanya  untuk memberiankan bantuan kemanuasiaan kepada mereka yang terkena dampak negatif dari krisis kemanusian di Sudan Selatan. Ia juga meminta dukungan dari otoritas yang relevan mengenai hal tersebut.

Kementerian Luar Negeri Sudan juga menyatakan, Guterres sedang berusaha untuk menarik dana tambahan  dari Negra anggota PBB, guna mendukung respon terhadap kebutuhan para pengungsi Sudan Selatan di Sudan dan beberapa negara-negara tetangga.

Sebagaimana diketahui pada Desember tahun 2013 lalu, terjadi perebutan kekuasaan politik antara presiden Kiir dengan mantan wakilnya Riek Machar, yang diduga akan melakukan kudeta. serta diperkirakan terdapat lebih dari 300 ribu orang yang tewas dalam pertempuran tersebut.

REPORTER: Usamah M

SUMBER: http://www.skynewsarabia.com/web/article/952679/

No comments

Powered by Blogger.