Header Ads

Pemimpin Siprus Utara:Biaya Tidak Menjadi Solusi Apapun


Sohafy - Republik Turki Siprus Utara (TRNC) Presiden Mustafa Akıncı berbicara pada pembukaan Herb Festival Budaya Freshwater pada hari Minggu. Ia mengatakan, mereka bekerja untuk menciptakan lingkungan yang aman, setara dan damai bagi warga Siprus Turki.

Akinci menekankan, bahwa partisipasi dalam pertemuan pemimpin mendatang akan naik ke Administrasi Siprus Yunani dan bagaimana berurusan dengan "peringatan Enosis di sekolah" yang bermasalah.

"Kami tidak meninggalkan ide untuk hidup dalam kesetaraan, tapi kami tidak akan melakukannya pada biaya apapun. Kami akan terus di jalan ini dengan melindungi hak-hak kami, kesetaraan, keamanan dan kebebasan." Kata Akinci pada upacara pembukaan festival.

Parlemen Siprus Yunani baru-baru ini memperkenalkan peringatan sekolah umum tahunan dari 1950 sebagai referendum, yang mana Yunani Siprus suara mayoritas Athena untuk mengambil alih pulau itu, ide dikenal sebagai Enosis (Union).

Pulau Mediterania timur dibagi menjadi negara Siprus Turki di utara dan pemerintahan Siprus Yunani di selatan setelah apa yang telah terjadi ditahun 1974 atas kudeta militer Enosis yang terinspirasi untuk diikuti oleh kekerasan terhadap penduduk Turki di pulau itu, dan intervensi selanjutnya Turki sebagai kekuatan penjamin .

Status pulau tersebut tetap belum terpecahkan meskipun serangkaian diskusi yang dilanjutkan sejak Mei 2015.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/africa/185803/northern-cyprus-leader-solution-not-at-any-cost

No comments

Powered by Blogger.