Header Ads

Meksiko: Ribuan Massa Berbaris Melawan Trump


Sohafy - Puluhan ribu demonstran berbaris pada hari Minggu di 20 titik kota di seluruh Meksiko untuk memprotes Presiden AS Donald Trump.

Teriakan "United Mexico tidak akan pernah bisa dikalahkan" dan "Pergilah Trump" berada di antara slogan-slogan diadopsi dari peserta pawai yang bangga menkibarkan bendera Meksiko dan menuntut kehormatan Meksiko dan warganya.

 "Kami di sini datang untuk menolak Donald Trump, untuk menolak gagasan sengketa dan untuk mendukung warga Meksiko yang telah bekerja keras di Amerika Serikat, karena mereka tidak bisa menemukan kondisi yang baik dari kehidupan di Meksiko," ujar pengacara muda dan pengunjuk rasa Emiliano Montes de Oca.

Pawai damai yang diselenggarakan oleh 80 organisasi seperti Amnesty International, National University of Mexico dan Meksiko Serikat Melawan Korupsi dan Impunitas, tidak dipimpin oleh partai politik manapun.

Demonstran menuntut Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto untuk menghormati hak asasi manusia di Meksiko juga melawan korupsi setiap kali ia bertemu dengan Trump dan mereka mengatakan, mereka mengharapkan respon lebih kuat dan lebih energik dari pemerintah dalam menghadapi pemerintahan Amerika yang baru. "Presiden Pena Nieto belum tunduk dengan Trump dan itulah sebabnya kita harus menunjukkan hari ini dan mengecam kebijakan rasis Trump," kata Lydia Segovia.

Pada akhir-akhir ini, pengunjuk rasa di berbagai kota dikoordinasikan oleh nyanyian simultan dari lagu kebangsaan untuk menunjukkan kesatuan dan kekuatan.

Hubungan antara AS dan Meksiko jatuh ke titik terendah dalam beberapa dekade setelah Trump menjabat 20 Januari dan tidak lama kemudian menandatangani dua tindakan eksekutif yang memerintahkan pembangunan tembok sepanjang perbatasan AS-Meksiko dan dia bersikeras Mexicolah yang akan membayar untuk proyek tersebut.

Pena Nieto segera membatalkan perjalanan ke Washington. Namun, Trump mengancam untuk menegosiasikan dan memo Amerika Utara Perjanjian Perdagangan Bebas atau NAFTA, dan memberlakukan tarif 35 persen pada produk seperti kendaraan yang dibuat di Meksiko. Dia juga mengumumkan rencana untuk mendeportasi 6 juta imigran gelap.

Reporter :Eno Aldi
Sumber   :http://www.worldbulletin.net/europe/184690/thousands-march-in-mexico-against-trump

No comments

Powered by Blogger.