Header Ads

Ini Saran MUI Menyikapi Kasus Pemboman di Sarinah

Pemboman yang diikuti baku tembak pada Kamis (14/01) kemarin membuat berbagai spekulasi setelahnya. Menyikapi hal itu, Wakil Sekretaris Jenderal MUI, KH. Tengku Zulkarnain menjelaskan sikap yang seharusnya diambil pasca kejadian tersebut.
“Pertama kita serahkan pada pihak yang berwajib. Itu sikap MUI yang pertama supaya diselidiki lebih dulu secara akurat, siapa pelakunya dan apa motifnya. Kita jangan dulu menduga-duga siapa pelakunya,” ujarnya kepada Kiblat.net.
Kedua kita minta pada kaum Muslimin di manapun jangan terpancing. “Kita harus berjalan di atas koridor hukum yang berlaku di Indonesia. Kita harus tetap serahkan pada yang berwajib. Jangan terpancing dan jangan melakukan tindakan macam-macam. Jangan berikan komentar apapun sebelum jelas latar belakang pelaku dan siapa orangnya,” lanjutnya.
Sedangkan ketiga, ia menghimbau agar umat Islam mempererat ukhuwah Islamiyah untuk melebarkan kasih sayang sesama umat Islam dan jangan saling benci membenci dan musuh memusuhi.
Dia melanjutkan, untuk yang keempat orang Islam harus menjaga dari ajaran-ajaran ekstrimis yang radikal. Saran dia, itu harus dihindari.
“Kelima seluruh bangsa Indonesia harus menjaga keutuhan NKRI dari musuh dalam atau luar,” pungkasnya.
Reporter: Jundii Al Kayyis

No comments

Powered by Blogger.