Header Ads

Turki Akan Buat Zona Aman di Suriah Utara

PRESIDEN Turki, Recep Tayyip Erdogan pada hari Rabu menyerukan para pemimpin dunia untuk menggalang balik rencana Turki untuk zona aman di dalam wilayah Suriah, hari sebelum menjadi tuan rumah di KTT G20.

Erdogan mengatakan kepada sekelompok pengusaha di Ankara bahwa konflik di Suriah akan menjadi tema utama pada KTT G20 yang akan diadakan di resor resor Mediterania dari Antalya pada hari Minggu dan Senin mendatang.

Presiden AS Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Raja Saudi Salman adalah para pemimpin dunia yang menghadiri pertemuan tersebut.

Seperti yang dilansir dari al-arabiya al jadeed pada rabu (11/11), Erdogan telah berulang kali ditekan untuk memberikan zona aman di dalam Suriah. Yang membentang dari Azaz dan Jarablus di utara, yang bisa dipadati  2,2 juta pengungsi Suriah, yang saat ini diselenggarakan oleh Turki dan bertindak sebagai penyangga untuk melindungi wilayah Turki.

Tujuan utama pertemuan tersebut untuk menimbulkan respon hangat dari dunia, tetapi sudah ada indikasi dari Ankara dalam beberapa hari terakhir bahwa Barat semakin mendekati titik pandang.

"Langkah-langkah yang lebih realistis perlu diambil untuk solusi termasuk proposal kami khususnya untuk membangun zona aman dibersihkan dari teror," kata Erdogan.

Erdogan berkomitmen bahwa daerah-daerah tersebut akan dibersihkan dari IS dan partai kurdi (PKK) yang telah mengobarkan perang kepada pemerintahannya sendiri di tenggara Turki.

Penulis: Taufiq

Sumber:  Al-araaby al jadeed

No comments

Powered by Blogger.