Header Ads

Israel Membangun Penghalang Bawah Tanah di Sekitar Jalur Gaza

ISRAEL berencana untuk membangun sebuah penghalang bawah tanah di sekitar Jalur Gaza yang terkepung, para pejabat mengumumkan pada hari Rabu.

Para  pejabat Israel mengatakan pada rabu (12/11), bahwa Israel berencana membangun penghalang bawah tanah di sekitar jalur Gaza.

Seperti dilansir dari middle east eye pada jum'at (13/11), menteri Pertahanan Moshe Yaalon mengatakan bahwa tentara Israel akan memulai proyek secepat mungkin.

Penghalang akan mencegah warga Palestina dari menggunakan terowongan untuk menembus dinding pembatas, radio angkatan darat Israel melaporkan

Bulan lalu, Departemen Pertahanan Israel mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pembangunan keamanan pagar sekitar 12 buah, yang terletak dekat perbatasan dengan Gaza.

Selama setahun ini, kelompok al-Qassam dan Hamas menggunakan terowongan bawah tanah untuk menyerang sasaran militer Israel yang berada di samping perbatasan.

Menurut tentara Israel, al-Qassam menggunakan terowongan pada empat kesempatan terpisah selama konflik untuk menyusup wilayah Israel, di mana para pejuang yang berhasil membunuh 12 tentara Israel.

Perang berlangsung selama 51 hari selama bulan Juli dan Agustus tahun lalu , dan lebih dari 2.200 warga Palestina , sebagian besar dari mereka warga sipil , tewas dalam serangan Israel .

Sejak awal pengepungan di Gaza pada tahun 2007 , Palestina telah menggunakan jaringan ratusan terowongan untuk menyelundupkan segala sesuatu dari makanan untuk ternak dan senjata , mereka menggunakan terowongan yang menghubungkan Jalur ke Mesir . Hampir selama satu dekade pengepungan Israel, mereka mencegah masuknya kebutuhan hidup dasar seperti makanan dan obat-obatan .

Sebelumnya, pada 2015 tentara Mesir mengatakan telah menghancurkan lebih dari 500 terowongan bawah tanah selama operasi militer enam bulan di perbatasan timurnya dengan Jalur Gaza .

Mesir telah memperburuk situasi dengan membanjiri terowongan dengan air laut yang telah bocor ke dalam akuifer , merusak struktur tanah dan mencemari air minum.

Penulis: Taufiq

Sumber: MEE

No comments

Powered by Blogger.