Header Ads

Sergey Lavrov : Russia Dukung Iraq Dalam Memerangi ISIS

PERDANA menteri Russia Sergey Lavrov menegaskan saat di sebuah konfrensi di Finlandia, negaranya mendukung pemerintah pusat Irak dan Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) dalam perjuangan mereka melawan ISIS, ia juga mengatakan semua keterlibatan yang dilakukan atas permintaan dari Irak.

 seperti dikutip dari antiwar.com pada (14/10) Para pejabat Irak menegaskan hal ini, kepala Komite Pertahanan Irak Hakim Zamili melaporkan bahwa pusat informasi yang baru didirikan di Baghdad adalah sumber intelijen yang digunakan dalam serangan udara terakhir melawan ISIS.

Pusat informasi diciptakan Irak untuk melakukan operasi intelijen terhadap ISIS. bersama Russia, Irak, Iran, dan Suriah, semua berpartisipasi.
Amerika Serikat juga diundang untuk ambil bagian namun menolak, bukan tanpa sebab,  tetapi karena dapat mengurangi intelejensi bilateral dengan Irak.

AS memandang bahwa keterlibatan Rusia baru-baru ini dalam perang ISIS sebagai persaingan, dan Irak tampaknya tertarik untuk menggunakan kemampuan Russia sebagai cara untuk mendapat hal yang lebih baik dari pejabat AS, yang sebelumnya mereka mengeluh mencoba untuk memerintah memerangi ISIS. Selama AS tidak ingin digantikan oleh Rusia di Irak, mereka pasti akan memberikan konsesi di Irak.

penulis: Taufiq

Sumber: antiwar

No comments

Powered by Blogger.