Header Ads

Turki Menuduh Daash dan Kurdi Melakukan Pemboman di Angkara

PERDANA Menteri Turki, Ahmet Davutoglu mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu bahwa beberapa tersangka dalam dua pemboman bunuh diri yang menewaskan 97 orang di Angkara mungkin terkait dengan Daash dan Kurdi.

"Kami sedang menyelidiki organisasi Daash dan Kurdi, karena kami memiliki beberapa bukti mengenai link pelaku bom bunuh diri pada Daash dan beberapa link milik kelompok Kurdi," tambahnya dalam sebuah wawancara di Istanbul.

Ia menambahkan bahwa beberapa tersangka telah lama hidup di Suriah.

Davutoglu mengatakan bahwa penyelidikan dimulai apakah ada kecerobohan keamanan sebelum bom bunuh diri itu terjadi. Ia juga menambahkan bahwa bom bunuh diri yang terjadi di ibukota pada hari Sabtu merupakan serangan terburuk bagi Turki.

Dia juga menambahkan bahwa Turki memiliki informasi intelejen yang menunjukkan bahwa militan dari kelompok Kurdi yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di Istanbul pada bulan Agustus dilatih untuk menjadi pelaku bom bunuh diri di irak utara dan dikirim ke Turki.

Davutoglu juga mengatakan bahwa Turki juga memiliki hak untuk mempertahankan diri terhadap resiko yang berasal dari Suriah dan intervensi militer Rusia.



Penulis  : Ghulam
Sumber : Al-Arabiya

No comments

Powered by Blogger.