Header Ads

Pejuang Taliban Ambil ALih Pusat Pemerintahan Provinsi Kunduz Afghanistan dari Pasukan Salibis

SOHAFY.COM, Kunduz – Mujahidin Imarah Islam Afghanistan (Taliban) memastikan mengontrol pemerintahan wilayah Qunduz setelah berhasil menduduki pusat pemerintahan provinsi di Afghanistan Utara itu. Ini merupakan kemenangan besar pertama Taliban sejak NATO mengumumkan menarik diri.

Dilaporkan kantor berita BBC, Selasa (29/09), Taliban mengerahkan ratusan pasukan untuk merebut ibukota provinsi Kunduz. Serangan diluncurkan dari berbagai sudut sehingga mengejutkan pasukan pemerintah.

Pertempuran itu berlangsung sengit selama lebih dari 12 jam sepanjang Senin (28/09). Baku tembak berhenti setelah Taiban memastikan pasukan pemerintah meninggalkan kota itu pada Senin malam.

Kantor berita Associated Press menyebutkan, pejuang Taliban mencapai pusat kota dan merobek-robek foto Presiden Ashraf Ghani. Bendera putih bertuliskan kalimat tauhid milik Taliban berkibar di pusat pemerintahan provinsi itu.

“Kota Kunduz jatuh di tangan Taliban,” kata Menteri Dalam Negeri Afghanistan, Shadiq Shadiqi, Selasa.

Ia menambahkan, pasukannya telah siap menghadang setiap serangan namun mereka kalah jumlah pasukan.

Sementara itu, Taliban mengumumkan di situs jejaring sosial mengontrol penuh kota Kunduz. Menurut Taliban, tidak ada ketakutan di kalangan warga karena pejuang Taliban datang dengan damai.

Jatuhnya Kunduz ke tangan Taliban kemunduran baru bagi pasukan Afghanistan yang sendirian menghadapi kekuatan mujahidin itu. Ini menunjukkan, kekuatan pasukan pemerintah masih lemah menghadapi pejuang.

Sumber: http://www.bbc.com/arabic/worldnews/2015/09/150930_afghanistan_kunduz_fighting

No comments

Powered by Blogger.