Header Ads

Turki Kembali Mengirim Bantuan Sebanyak 13 Ribu Ton Untuk penduduk Somalia


Turkish humanitarian aid ship leaves for Somalia



KIBLAT.NET,Mogadisu - Pemerintah Turki kembali mengirimkan sebuah kapal yang membawa sekitar 13.000 ton makanan untuk disalurkan kepada warga Somalia melalui provinsi Mesir Selatan, pada Minggu (04/06).

Saat upacara pelepasan bantuan di pelabuhan Tasucu di distrik Silifke, Wakil Perdana Menteri Turki Veysi kaynak mengatakan bahwa pemerintah tidak hanya memberikan bantuan kemanusiaan, tetapi juga memberikan bantuan fasilitas pendidikan militer di Ibukota Mogadisu, yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

“Akan adaa petugas keamanan yang terlatih yang akan membantu menghadapi tindakan teror”, imbuhnya.

Adapun bantuan tersebut disalurkan melalui Bulan Sabit Merah,  Badan Koordinasi dan Bantuan Turki (TIKA), serta Menejemen Bencana dan Keadaan Darurat (AFAD).

Sebagaimana diketahui, Somalia merupakan salah satu dari beberapa negara bagian Afrika yang mnghadapi bencana kelaparan, sebagai dampak dari kekeringan yang melanda kawasan tersebut. Adapun sebelas dari 18 wilayah afrika dilanda bencana kekeringan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, pada tahun ini setidaknya lebih dari 600 orang tewas akibat kekurangan air bersih dan wabah kolera, yang melanda di kawasan itu. Sedangkan Menurut PBB setidaknya lebih dari 600 ribu warga yang terpaksa mengungsi sejak tahun 2016 lalu. Serta 40 ribu anak-anak yang terpaksa berhenti sekolah.

REPORTER: Usamah Rabbani

No comments

Powered by Blogger.