Header Ads

Rusia-Turki Setejui Tingkatkan Zona Aman Suriah


Sohafy, Para pemimpin Turki dan Rusia menyepakati hubungan antara Turki-Rusia telah pulih sepunuhnya sejak November 2015. Tepatnya, ketika Turki menembak jatuh sebuah jet militer Rusia yang melanggar wilayah udara, pada hari Rabu (3/4).

Pengumuman tersebut disampaikan dalam sebuah konferesi pers, antara Presiden Recep Tayyip Erdogan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan diadakan di pesisir kota Rusia, Sochi guna untuk membahas hubungan bilateral serta isu-isu regional dan internasional.

putin mengatakan, bahwa hubungan Rusia dengan Turki telah pulih sepenuhnya dan dinamika perdagangan telah berhenti jauh. "Periode normalisasi Rusia-Turki sekarang sudah selesai, kami kembali ke kemitraan koperasi normal," ujar Presiden Rusia tersebut.

Erdogan juga mengatakan, bahwa Turki-Rusia berada di luar normalisasi dan akan memasuki fase baru dengan mengerahkan kerja keras untuk menghidupkan kembali hubungan tersebut.

Presiden Turki mengatakan bahwa hubungan kedua negara telah mendapat status khusu dan keduanya bisa mengubah taqdir seluruh wilayah dengan bersama. "Kami memiliki tanggung jawab yang sangat serius di pundak kami, dan saya yakin bahwa langkah-langkah yang kami lakukan dengan bersama adak mampu mengubah taqdir seluruh wilayah," ungkap Erdogan.

Hubungan Turki-Rusia yang buruk, kembali membaik setelah krisis menimpa jet tersebut yang tampaknya dipecahkan melalui sebuah surat dan seruan telepon antara para pemimpin negara tersebut pada bulan juni tahun lalu.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/world/188950/russia-turkey-agree-syria-safe-zones-must-boost-truce

No comments

Powered by Blogger.