Header Ads

Rumah Sakit Bertenaga Surya Pertama Dibuka Di Suriah





SOHAFY, Damaskus - Setelah berbulan-bulan lamanya melakukan pengujian, Organisasi Perawatan Kesehatan dan Bantuan (UOSSM), yang merupakan Koalisi Internasional untuk Organisasi Medis dan LSM, membuka  Sebuah rumah sakit di Suriah dengan tenaga Surya pertama di dunia.

Dengan dicptakannya rumah sakit bertenaga surya pertama tersebut , mereka berharap untuk bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa bagi mereka yang membutuhkan , Serta dapat didirikan di berbagai belahan bumi  yang lain.

Akses listrik di Suriah mendapati kendala yang berat, setelah enam tahun pasca revolisi Suriah yang bergejolak dengan menyerang sebagian besar infastruktur listrik, oelh karenanya  memaksa berbagai rumah sakit disana untuk mengandalkan generator diesel, guna menghasilkan energi listrik dengan bahan bakar yang minim.

Direktur UOSSM, Tarek Makdissi menyampaikan bahwa dengan adanya rumah sakit tersebut semoga mereka yang tangguh dapat aktif mengurus rumah sakit, karena hal tersebut merupakan masalah hidup atau mati bagi sebagian besar warga di Suriah.


Didirikannya rumah sakit bertenaga surya oleh UOSSM,  bertujuan untuk membuat rumah sakit agar tidak terus bergantung kepada kekuatan diesel, yang terkesan lebih mahal serta kekuatannya tidak dapat diandalkan. Adapun  rumah sakit bertenaga surya tersebut Adapun nama serta lokasi dari rumah sakit  tidak dicantumkan karena alasan keamanan—,  dihasilkan dari generator diesel serta 480 panel Surya yang terpasang didekat rumah sakit, kemudian dihubungkan menuju sistem penyimpanan energi.

Makdissi memiliki rencana untuk mendirikan lima fasilitas medis lainnya di Suriah dengan tenaga surya, dengan dana dari tampat-tempat Institusi, yayasan, Intansi Pemerintah serta dari dana para dermawan yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya.

selain mengurai biaya operasional, Makdissi juga yakin bahwa prakasa ini akan menciptakan infastruktur yang lebih tangguh.


REPORTER: Usamah M


No comments

Powered by Blogger.