Header Ads

254 Orang Tewas Akibat Banjir dan Tanah Longsor di Kolombia Selatan


254 dead in Colombia flooding, mudslide


Menurut militer Kolombia, setidaknya terdapat 254 orang yang tewas akiban bencana banjir yang melanda Kolombia bagian Selatan, pada hari Sabtu (01/04).

Hampir 400 orang terluka dan 200 orang yang masih hilang akibat bencana tersebut. Hingga saat ini upaya pencarian dan penyelamatan para korban masih terus berlangsung di kota Mocoa.

Tiga sungai yang berdekatan dengan sebuah kota dengan penduduk sekitar 45 ribu jiwa tersebut meluap pada hari Sabtu lalu, ditengah hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. Selain banjir hujan deras juga menyebabkan longsor yang menimpa 17 daerah.

Menurut Palang Merah Kolombia, bencana tersebut telah menimpa lebih dari 500 keluarga, dan meratakan puluhan rumah. Pada dini hari Minggu, militer Kolombia berhasil memulihkan jalan raya menuju kota Mocoa dari lumpur akibat langsor, adapun akses listrik dan air bersih saat ini masih terputus.

Dalam sebuah wawancara di Radio W, Gubernur Putumayo “Sorrel Aroca” mengatakan bahwa peristiwa ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan masih terdapat ratusan keluarga yang sampai saat ini belum ditemukan, juga beberapa kawasan yang rata dengan tanah.

Pada hari Minggu kemarin Presiden Kolombia “Juan Manuel Santos” mengunjungi kedua zona bencana dengan kerusakan terparah, untuk mengawasi upaya pencarian para korban yang belum ditemukan.


REPORTER : Usamah M


No comments

Powered by Blogger.