Header Ads

Ratusan Warga Mosul Kembali Meninggalkan Kediaman Mereka

Warga Mosul Yang Terpaksa Meninggalkan Mosul


SOHAFY, Mosul - Ratusan warga sipil Irak terpaksa meninggalkan kampung halaman mereka, dengan berjalan kaki dari Mosul pada hari Kamis (02/03). Hal tersebut terjadi karena terdapat pertempuran sengit, antara pasukan ISIS dan tentara Irak di Barat Daya Mosul.

PBB mengatakan bahwa , pertempuran tersebut berguna untuk merebut kota Mosul dari tangan kelompok ISIS, yang merupakan benteng terakhir Irak. Pertempuran tersebut menyebabkan jumlah perpindahan warga sipil terus melonjak, melihat dengan apa yang dihasilkan selama operasi militer,  yang sedang berlangsung di kota terbesar ke-dua di Irak, semenjak 4,5 bulan lalu.

Ia juga mengatakan bahwa, sampai saat ini setidaknya terdapat 28,400 orang yang terpaksa meninggalkan kediaman mereka, sejak pertempuran yang dimulai beberapa hari yang lalu.

Adapun di kawasan yang  aman di kota Mosul,  kelompok ISIS terjebak untuk melakukan serangan mortir, yang menargetkan pasukan Irak di rute yang digunakan oleh warga sipil untuk melarikan diri.

Komandan Pasukan Khusus Irak “Letnan Noor Sabah” mengatakan bahwa, dikarenakan terdapat banyak keluarga di Mosul , kami mengkonversi semua misi kami dalam dua tugas. Hal ini di lakukan untuk melindungi para warga sipil dan mengamankan pasukan Irak.
Meskipun pasukan Irak telah menguasai daerah tersebut selama 3 hari, kelompok ISIS masih menyerang pasukan Irak  menggunakan RPG pada Kamis (02/03), yang menyebabkan salah satu tentara Irak terluka.

Sebagaimana diketahui, operasi militer Irak untuk membebaskan Mosul Barat , telah dimulai sejak 19 februari lalu. Pasukan Irak juga telah berhasil, merebut pangkalan udara pertama di Mosul, dan pangkalan militer Ghazlani di sebelahnya. Sampai saat ini pasukan Irak masih terus berjuang untuk merebut kawasan Barat Daya Mosul.

Sadangkan Mosul Barat saat ini menjadi kawasan terakhir, yang paling urgent, yang dikendalikan oleh kelompok ISIS.


REPORTER : Usamah M 


No comments

Powered by Blogger.