Header Ads

PBB:Krisis Siprus Dapat Diselesaikan


Sohafy,- Republik Turki Siprus Utara (TRNC) Presiden Mustafa Akıncı bersama host Khusus PBB Siprus, Utusan Espen Barth Eide di ibukota Lefkosa pada hari Sabtu.

Siprus Turki negosiator Ozdil Nami, juru bicara kepresidenan, Baris Burcu bersama dengan wakil khusus sekjen PBB, Elizabeth Spehar juga hadir pada pertemuan yang berlangsung selama tiga jam tersebut.

Selama konferensi pers, setelah pertemuan. Eide mengakui, Yunani "Enosis peringatan di sekolah-sekolah" masalahnya adalah masalah yang berada dalam negosiasi dan menambahkan mereka untuk mencoba memikirkan cara-cara untuk mengatasi masalah ini.

Parlemen Siprus Yunani, baru-baru memperkenalkan peringatan sekolah umum tahunan dari 1950 referendum di mana Yunani Siprus sebagai suara mayoritas untuk Athena, hal ini untuk mengambil alih pulau itu, ide tersebut dikenal sebagai Enosis (Union).

Pulau Mediterania timur dibagi menjadi negara Siprus Turki di utara dan pemerintahan Siprus Yunani di selatan, setelah 1974 kudeta militer Enosis terinspirasi diikuti oleh kekerasan terhadap penduduk Turki di pulau itu, dan intervensi selanjutnya Turki sebagai kekuatan penjamin .

Siprus tetap belum terpecahkan meskipun serangkaian diskusi yang dilanjutkan Mei 2015.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/world/185776/cyprus-crisis-can-be-resolved-un-envoy

No comments

Powered by Blogger.