Header Ads

Operasi Anti-ISIL,Ribuan Lebih warga Sipil Melarikan Diri Mosul Tengah


Sohafy, - Syria,Ribuan warga sipil Irak terus melarikan diri dari Mosul barat atas ofensif militer besar yang tengah mengusir militan ISIL dari utara kota. Perwira militer, Jabbar Hassan mengatakan lebih dari 5.000 warga sipil telah dievakuasi dari sisi barat Mosul dalam 24 jam terakhir.

"Sebagian besar pengungsi terpaksa meninggalkan rumah mereka karena kekurangan makanan," katanya.

Petugas Irak mengatakan, tim bantuan tidak dapat menjangkau seluruh wilayah tentara yang dikuasai di Mosul barat karena situasi keamanan yang serius di sana.

Pada pertengahan Februari, pasukan Irak - yang didukung oleh koalisi udara yang dipimpin AS - mulai beroperasi segar yang bertujuan membersihkan ISIL dari Mosul barat.

Serangan datang sebagai bagian dari kampanye yang lebih luas diluncurkan Oktober lalu untuk merebut kembali seluruh kota, yang ISIL menyerbu - bersama dengan banyak bagian utara dan barat Irak - pada pertengahan 2014.

Pada hari Selasa, pihak berwenang Irak mengatakan bahwa lebih dari 72.000 warga sipil telah meninggalkan rumah mereka di Mosul barat sejak pertengahan Februari.

Pada hari Senin, konvoi bantuan pertama diizinkan masuk ke Mosul barat, dua minggu setelah dimulainya operasi anti-ISIL.

PBB memperkirakan bahwa 250.000 warga sipil akan mengungsi dari Mosul barat mengikuti ofensif anti-ISIL.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/africa/185939/more-civilians-flee-w-mosul-amid-anti-isil-operation

No comments

Powered by Blogger.