Header Ads

25 Miliyar diberikan Inggris Untuk membantu Para Pengungsi Sudan Selatan



SOHAFY, Sudan - Inggris Raya mengumumkan tentang  penyediaan dana sebesar dua juta Eoro atau sekitar 25 Miliyar, untuk menutupi kebutuhan para pengungsi Sudan Selatan di Sudan. Bantuan tersebut diberikan karena ribuan warga Sudan Selatan melarikan diri, ke Sudan Utara. Akibat peperangan yang sedang berkecamuk di kawasan tersebut.


Perwakilan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR)  Sudan “Noricha Yushida” mengatakan bahwa, bantuan tersebut berkontribusi tepat pada waktunya, untuk kebutuhan mendesak  bagi pengungsi dari Sudan Selatan.


Ia juga menambahkan bahwa, bantuan dari Inggris dimulai pada 2014 lalu, melihat  jumlah pengungsi Sudan Selatan di Sudan saat ini kian melonjak. Adapun Inggris sampai saat ini telah berkontribusi lebih dari 8 juta Eoro atau sekitar 100 Miliyar, untuk UNHCR.


Sementara itu ketua Departemen Inggris Untuk Pembangunan di Sudan, menyambut respon dari UNHCR dan mitra-mitranya. ia mengatakan bahwa Inggris berkomitmen untuk membantu pengungsi Sudan Selatan di Sudan.


Persentasi pengungsi wanita dan anak-anak di Sudan, mencapai sekitar 85 persen, yang menunjukkan bahwa pemerintah Inggris bekerjasama dengan UNHCR sebagai mitra, untuk memberikan bantuan berupa makanan kepada lebih dari 160 ribu pengungsi yang merupakan warga Sudan Selatan, dan juga menyediakan air minum, Infrastruktur, tempat tinggal, layanan air bersih, dan Inggris berjanji untuk meningkatkan  bantuan untuk para pengungsi secara terus-menerus.


UNHCR mengatakan bahwa, sekitar 1,5 juta pengungsi melarikan diri dari pertempuran, dan mengalami kelaparan di Sudan Selatan yang mengungsi di beberapa negara tetangga.


REPORTER : Usamah M


No comments

Powered by Blogger.