Header Ads

Bulgaria Ingatkan Turki Atas Utusan Konsultasi


Sohafy, - Bulgaria - Pada hari Kamis menarik duta besarnya ke Turki untuk konsultasi, setelah menuduh Ankara ikut campur dalam pemilihan sekejap mendatang. Kementerian luar negeri tidak memberikan rincian lebih lanjut untuk bergerak, hal ini menunjukkan tanda tradisional kemarahan diplomatik.

Pekan lalu, Sofia diangkut utusan Turki setelah ia secara terbuka mendukung partai Dost pro-Turki baru, yang berjalan dalam pemilihan Bulgaria pada 26 Maret, dalam sebuah video kampanye.

Hal ini juga mengecam Ankara untuk mendorong 60.000 atau lebih warga Bulgaria yang tinggal di Turki untuk memilih Dost, menyebut langkah "campur tangan langsung dalam urusan dalam negeri Bulgaria".

Anggota Uni Eropa Bulgaria berbagi 270-kilometer (165 mil) perbatasan dengan Turki dan bergantung pada tetangganya untuk membendung masuknya migran, sebagai bagian dari kesepakatan Uni Eropa diperdebatkan yang telah ditandatangani dengan Ankara tahun lalu.

Ankara telah mengulangi minggu ini atas ancaman untuk menarik diri dari kesepakatan migran Uni Eropa.

"Bulgaria memiliki rencana jika kesepakatan antara Turki dan Uni Eropa dapat dibatalkan," kata Menteri Pertahanan Bulgaria Stefan Yanev Kamis, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Yanev mengatakan ada "tidak ada indikasi" sekarang dari peningkatan tekanan berada di perbatasan.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/europe/186393/bulgaria-recalls-turkey-envoy-for-consultation

No comments

Powered by Blogger.