Header Ads

30 Orang Tewas Akibat Bom Mobil Yang Meledak di Tikrit

Hasil gambar untuk ‫65 قتيلاً وجريحاً إثر تفجير سيارة مفخخة وسط تكريت‬‎


SOHAFY, Shalahuddin - Sejumlah 30 orang tewas, dan 35 orang lainnya terluka akibat sebuah bom mobil yang meledak di pusat kota Tikrit, Provinsi Shalahuddin, Utara ibukota Irak, Baghdad. Sementara pemerintahan setempat, melarang warganya untuk beraktifitas di kawasan tersebut, karena khawatir terjadinya bom susulan.

Menurut sumber setempat, Bom mobil tersebut meledak pada Rabu malam (15/03), saat diparkirkan di Jl,Al-Athba’ pusat kota Tikrit. Bom tersebut mengakibatkan 30 orang tewas, dan 35 orang lainnya terluka. Sementara itu Tim penyelamat berusaha untuk mengeluarkan para korban dari puing-puing bangunan yang roboh. Seperti dilansir dari The New Arab.

Ledakan tersebut mengakibatkan para masyarakat panik dan ketakutan, karena kota tersebut selama beberapa waktu terakhir dalam keadaan kaemanan yang stabil. Sehingga belum tercatat terjadinya ledakan bom seperti ini, dalam beberapa waktu lalu.

Sementara itu, komandan operasi Shalahuddin “letnan Abdur Razzaq Al-Juburi” mengatakan, Komando Operasi diprakasai umtuk mengepung seluruh wilayah, dan memblokir jalan menuju wilayah tersebut. Dan melarang para Masyarakat untuk beraktifitas di sekitaran kota, karena dikhawatirkan terjadinya ledakan susulan. Pasukan keamanan juga dikerahkan untuk memblokir seluruh kota, dan melakukan penyusuran di seluruh kota.

Ia juaga menegaskan bahwa, Aksi pengeboman merupakan tindakan pelanggaran utama keamanan. Pemerintah akan membentuk komite untuk mengetahui penyebab peristiwa tersebut. Dan Pelakunya akan dituntut untuk bertanggung jawab secara hukum yang berlaku.

Perlu diketahui, Provinsi Shalahuddin, merupakan provinsi yang berhasil direput dari tangan kelompok ISIS. Namun kelompok ISIS masih mempertahankan kaki tangannya di pinggiran provinsi, sementara itu pasukan Irak dan Milisi Hasdu Al-Sa’by, dikerahkan untuk menjaga sebagian besar wilayah provinsi Shalahuddin.


REPORTER : Usamah M 

SUMBER : The New Arab, https://www.alaraby.co.uk/politics/

No comments

Powered by Blogger.