Header Ads

Maroko:Semua Sekolah Feto Ditutup Dalam Negeri


Sohafy - Selasa, Kementerian Pendidikan Maroko mengumumkan bahwa semua sekolah Mohamed al-Fatih - yang berafiliasi dengan Teroris dan Organisasi Fetullah (Feto) - telah ditutup oleh negera.

"Sejalan dengan keputusan kami sebelumnya untuk menutup semua lembaga pendidikan terkait dengan kelompok Mohamed al-Fatih, semua sekolah ini telah ditutup," demikian pernyataan kementerian.

"Mahasiswa yang terdaftar di sekolah ini semuanya sejak itu telah kembali terdaftar di berbagai lembaga pendidikan negeri dan swasta ... sesuai dengan keinginan orang tua mereka," katanya menambahkan.

Pada tanggal 5 Januari, Kementerian Dalam Negeri Maroko mengumumkan keputusan untuk menutup semua lembaga pendidikan Feto-linked yang beroperasi di negara itu.

Pengumuman itu datang setelah penyelidikan oleh pihak berwenang Maroko yang telah mengungkapkan bahwa lembaga-lembaga ini tersedia "lahan subur untuk promosi [yaitu, Feto ini] ideologi kelompok dan pendirinya" dan "menyebarkan ide-ide yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pendidikan dan agama Maroko".

Menyusul kegagalan tahun lalu pada tanggakl 15 Juli kudeta di Turki, kedutaan Turki di Rabat telah memberikan Kementerian Luar Negeri Maroko dengan informasi mengenai kehadiran Feto di negara Afrika Utara.

Pada saat itu, sebuah sumber diplomatik Turki di kedutaan memiliki harapan bersuara bahwa Maroko akan mengambil "semua langkah yang diperlukan" untuk menutup semua sekolah Feto-linked yang beroperasi di wilayahnya.

Sekolah Feto didirikan pertama di Maroko pada tahun 1993 di pesisir kota Tangier sebelum menyiapkan lebih banyak di kota-kota lain.

Feto secara luas diyakini telah mendalangi upaya kudeta tahun lalu, terhadap pemerintah Turki yang terpilih secara demokratis, yang menewaskan sedikitnya 248 martir di belakangnya dan beberapa 2.200 lainnya terluka.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/america-canada/185159/all-feto-linked-schools-shut-down-countrywide-morocco

No comments

Powered by Blogger.