Header Ads

Terduga Penyerangan Klub Malam Reina, Simpatisan IS dibekuk Kepolisian Turki di Apartemen

SOHAFY, Istanbul – Seorang pria yang diduga telah membunuh 39 orang dalam serangan dihari awal tahun baru disebuah klub malam populer di Istanbul telah ditangkap pihak kepolisian, seperti yang dilansir media berita Turki, Anadolu Agency.

Penembak diidentifikasikan sebagai Abdulgadir Masharipov, ditangkap di sebuah apartemen di distrik Esenyurt Istanbul selama operasi polisi besar-besaran pada akhir Senin(16/1), seperti yang dikatakan oleh pihak keamanan kepada media nasional Turki tersebut.

Empat orang lainnya, termasuk seorang pria asal Kyrgyz dan tiga perempuan, dilaporkan ditahan bersama dengan Masharipov.

Islamic State of Irak and Syam (ISIS), mengaku bertanggung jawab atas serangan yang terjadi di klub malam Reina. Mereka mengatakan hal tersebut sebagai bentuk balas dendam atas keterlibatan militer Turki di Suriah.

Seorang wartawan Al-Jazeera, Sinem Koseoglu, melaporkan dari Istanbul, mengatakan puluhan orang sebelumnya telah ditahan berkaitan dengan serangan itu.

“Kita tahu bahwa Masharipov adalah warga Uzbek,”katanya. “Ketika sebelumnya Istrinya ditangkap, dia bilang dia tidak tahu, tidak ada informasi, bahwa suaminya adalah seorang simpatisan ISIS.”

Pada tanggal 1 Januari, penyerang menyerbu tempat populer di Bosphorus dan menembakan 120 peluru di pesta perayaan awal tahun baru 2017.


Dari 39 korban yang tewas, 27 orang adalah orang asing, termasuk warga dari Lebanon, Arab Saudi, Israel, Yordan, Irak, Tunisia dan Maroko. Setidaknya terdapat 69 orang yang juga terluka dalam serangan tersebut.

No comments

Powered by Blogger.