Header Ads

Turki :38 Tewas Dalam Ledakan Bom Yang Mengguncang Istanbul




SOHAFY, Istanbul -  Setidaknya 38 orang tewas dan 155 lainnya terluka dalam 2 pengeboman di dekat lapangan sepak bola, pada  Sabtu (10/12) di kota Istanbul, Turki.

Para pejabat Turki mengatakan bahwa , sebuah bom mobil meledak di dekat sebuah kendaraan polisi, juga seorang yang melakukan bom bunuh diri meledakkan dirinya, di sekitar lapangan tim bola "Besiktas JK",  adapun tim bola tersebut sedang mengadakan Liga Super  Turki.

Pihak yang berwenang telah menangkap setidaknya 15 orang yang diindikasi terlebat dalam kasus ini.

Saksi mata mengatakan,  mereka mendengar suara tembakan  disusul dengan ledakan bom, 2 jam setelah para Sporter sepak bola yang sedang menonton pertandingan antara, tim Besiktas JK melawan tim Bursaspor,  meninggalkan lapangan.

Sedangkan menurut media lokal, bahwasanya ledakan tersebut terjadi setelah kepergian para Sporter yang menonton sepak bola.

Pemerintah Turki mengatakan bahwa, dalam penyelidikan pertama,  kasus ini mengacu keterlibatan militan partiya karkeren kurdistan (PKK), yang sebelumnya telah ditargetkan oleh kepolisian Turki.



Wakil perdana menteri Turki "Nu'man Kurtulmus" mengatakan melaluli saluran CCN Turki bahwa "semua tuduhan tersebut telah mengacu kepada PKK"

Pejabat setempat menerangakan bahwa, 30 korban tewas termasuk polisi. dan dalam ledakan tersebut sekitar 155 orang terluka, 14 diantaranya dipindahkan ke UGD di rumah sakit setempat.

Menteri Transportasi Turki "Ahmad Arsan" dalam akun Twiternya ia menggambarkan, serangan tersebut merupakan aksi teror.



Belum ada pihak yang mau bertanggung jawab atas insiden ini. Namun menurut pandanag pemerintah Turki, melalui gelombang bengeboman tahun ini,  serangan tersebut dilakukan oleh anggota PKK  atau "IS".

REPORTER : Uze Mahdy


No comments

Powered by Blogger.