Header Ads

Car Free Day : Bebas Kendaraan Bermotor dan Bebas Atribut Partai


Sohafy  Jakarta – Dalam peraturan Gubernur No.12 tahun 2016 tentang hari Bebas Kendaraan Bermotor . Disebutkan mengenai aturan  yang melarang  akan adanya atribut partai sepanjang area Car Free Day. Namun, pada hari minggu 4 Desember 2016 di sepanjang  jalan area Car free Day. Dalam aksi Parade Bhineka  Tunggal Ika atau Aksi Kita Indonesia, banyak dari massa yang mengenakan baju dengan lambang partai-partai.

Parade Bhineka Tunggal Ika atau aksi Kita Indonesia  disebut tak memiliki arti nuansa politik sama sekali. Namun, di lapangan menunjukkan keadaan yang sebaliknya. Bahkan, para peserta berjalan sesuai dengan kelompoknya masing-masing dengan mengenakan busana lengkap partai plus bendera partai.

Berbagai atribut dan pakaian partai sangat jelas terlihat di Bundaran Hotel Indonesia. Angin yang lumayan kencang,  dengan mudah menerbangkan bendera-bendera yang terpasang. Sorak-sorak akan partai masing-masingpun sangat saling menyahut satu sama lain.
Warga yang mengenakan atribut  partai jumblahnya cukup banyak, meskipun tidak mendominasi aksi. Sementara yang membawa bendera partai, sangat jelas sekali dimana-mana terkibar dengan hembusan angin.

Aksi Kita Indonesia atau 412 ini diinisiasi oleh partai-partai pendukung pemerintah. Panitia penyelenggara menegaskan kegiatan ini tidak berisi muatan politik. Acara tersebut bernuansa budaya. Kurang lebih 500 ribu massa yang hadir, dan ada 10 panggung sepanjang jalan Sudirman sampai jalan MH Thamrin.


Reporter : Eno Aldi 

No comments

Powered by Blogger.