Header Ads

Rencana Zona Aman Suriah Ditolak, Pemerintah Turki Tak Berkomentar

PRESIDEN Turki, Recep Tayyib Erdogan menyatakan, para sekutunya merupakan "pemanasan" dengan memaksakan ide zona aman di Suriah Utara.

Di beritakan dari portal antiwar.com Selasa (10/11), Erdogan tidak menentukan siapa sekutu yang dimaksud. Tetapi klaim tersebut kemungkinan tidak benar, karena pekan lalu Departemen Luara Negeri menyatakan, "tidak ada cara yang layak "untuk membuat zona tersebut lagi.

Dalam hal ini Erdogan juga berbicara atas zona larangan terbang di Suriah Utara, yang justru merupakan alasan Departemen Luar Negeri mengumumkan, zona aman tidak bisa dijalankan.

Selain itu juga, hal ini untuk menjaga pesawat tempur Rusia. Walau kali ini Rusia melakukan serangan udara terhadap IS di Irak Utara.

Pemerintahan Turki tidak berkomentar ketika Departemen Luar Negeri menolak rencana tesebut. Dalam hal ini Erdogan berkomentar, ini adalah penyebutan zona aman pertama sejak saat itu. Hal ini juga menunjukkan, mereka dan pemerintahan Obama terpisah jauh dalam menyusun strategi untuk Suriah Utara.

Penulis: Andrean
Sumber: antiwar.com

No comments

Powered by Blogger.