Header Ads

Lebanon Bunuh Tiga Mata-mata Israel

PIHAK berwenang Libanon mengatakan pada minggu (08/10), mereka telah menangkap dua warga negara Lebanon dan Suriah pada tuduhan mata-mata untuk Israel.

"Dalam rangka mengejar operasi untuk memerangi terorisme dan spionase, direktorat Keamanan Umum menangkap jaringan mata-mata yang bekerja untuk musuh Israel di selatan Libanon," kata layanan keamanan dalam sebuah pernyataan.

Menurut portal MEE pada minggu (08/11), tiga orang yang ditangkap adalah seorang pria Suriah dan istrinya yang berasal dari Lebanon, dan seorang pria Lebanon. Tiga diidentifikasi hanya dengan inisial mereka. Tidak ada rincian persis kapan atau di mana tiga ditahan.

Layanan keamanan juga menjelaskan, tiga telah mengaku tuduhan terhadap mereka, mengakui mereka telah mengumpulkan informasi tentang individu dan keamanan dan sasaran militer.

Ketiganya diduga mempublikasikan jalan-jalan dan daerah-daerah di Libanon selatan, lalu mengirimkan ke bos mereka untuk digunakan dalam serangan mendatang.

Lebanon dan Israel secara teknis masih dalam keadaan perang, dan ada pertempuran sesekali pada garis gencatan senjata antara keduanya.

Desember lalu , salah satu anggota Hizbullah ditahan seorang pejabat senior partai atas dugaan mata-mata untuk Israel dan  menyabotase operasi keamanan  di luar negeri .

Antara April 2009 dan 2014 , pemerintah Lebanon menahan lebih dari 100 orang di tuduhan mata-mata untuk Israel , kebanyakan dari mereka anggota pasukan atau karyawan telekomunikasi . Baru-baru ini , penangkapan tersebut telah jarang terjadi .

Pada tahun 2006 , gerakan Hizbullah Syiah Lebanon terlibat perang selama sebulan dengan Israel yang menghancurkan bagian dari Lebanon .

Penulis: Taufiq

Sumber: MEE

No comments

Powered by Blogger.