Header Ads

AS Sepakati Bantuan $ 30 Miliar Untuk Israel

Presiden Barack Obama dan PM Israel sedang membicarakan bantuan militer Israel di Gedung Putih. Selain itu, Obama juga sempat memuji pemerintah Israel dalam menghadapi kekacauan di Palestina.

Diberitakan dari portal antiwar,com Selasa (10/11), Washington siap mendukung Israel sepenuhnya. Obama sendiri mengakui, AS siap mendukung apapun yang Israel lakukan. Nampaknya dalam hal ini juga, perselisihan antara Netanyahu dan Obama nyaris terlupakan.

Tak disangka, Netanyahu setujui dalam menggganti $ 30 miliar kesepakatan senjata secara substansial.

Sementara itu kedekatan antara Israel-AS di simpulkan publik dengan mur dan baut. Apalagi saat ini AS telah meningkatkan bantuan militer kepada Israel.

Kesepakatan AS-Israel pertama kali terjadi pada pemerintahan Bush. Namun nampaknya sudah kadaluwarsa, dan dalam hal ini Obama menyepakati sebuah paket bantuan selama satu dasawarsa. Kesepakatan ini juga akan dinilai sebagai "prioritas utama."

Para pejabat Israel sejauh ini tidak merahasiakan keinginan mereka untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan. Dengan kesepakatan akhir pekan lalu, Netanyahu sedang mencari $ 50 miliar selama 10 tahun ke depan. sebelumnya juga pejabat AS sempat mengusulkan kesepakatan pada kisaran dana $ 36- $ 37 miliar.

Selain paket satu dasawarsa, AS-Israel juga menegosiasikan satu kesepakatan sebagai "pemulihan," atas keberatannya Israel dalam masalah nuklir Iran.

Penulis: Andrean
Sumber:  antiwar.com

No comments

Powered by Blogger.