Header Ads

Lagi, AS Segera Kirim Pasukan Khusus ke Suriah

Utusan Khusus AS, Brett Mcgurk mengatakan kepada CBS pada minggu kemarin bahwa, pasukan khusus AS direncanakan akan segera tiba di Suriah.Pasukan AS diharapkan untuk mengatur kekuatan lokal memerangi Negara Islam (IS) kelompok di Suriah utara.

Pada akhir Oktober, Obama resmi mengirim hingga 50 tentara pasukan khusus untuk menyebar ke Suriah utara di non-kombatan. Peran ini sebagai cara untuk membantu koordinasi pasukan darat lokal dan anti-IS pasukan koalisi.

Otorisasi menandai penyebaran resmi pertama pasukan AS di tanah di Suriah sejak koalisi internasional yang dibentuk untuk melawan kelompok ISIS. Mereka berencana membantu milisi kurdi dan kristen Suriah.

Seperti dilansir Medlle east eye pada senin (23/11), McGurk mengatakan, Pasukan anti-IS telah melakukan operasi yang sangat sukses.

"Ini difokuskan pada mengisolasi ibukota ISIL di Raqqa," tambahnya.

McGurk mengatakan koalisi anti-IS telah direbut kembali sekitar 1.100 kilometer persegi di dua minggu terakhir dan menewaskan sekitar 300 pejuang.

Koalisi pimpinan AS bertujuan untuk menyererang ISIS langsung ke jantung kekuatan mereka, baik yang di Irak dan Suriah melalui serangan yang terkoordinasi, kata McGurk.

McGurk menjelaskan, koalisi ini juga mencoba untuk memotong akses IS ke perbatasan Suriah dan memotong rute akses utama antara Raqqa dan kota Irak Mosul.

Keputusan untuk menempatkan pasukan tentara khusus di Suriah tampak kontras dengan pernyataan sebelumnya yang dibuat oleh Presiden Obama.

"Saya tidak akan menempatkan sepatu Amerika di tanah di Suriah," kata Obama pada September 2013.

Penulis: Taufiq

Sumber: MEE

No comments

Powered by Blogger.