Header Ads

Tujuh Puluh Ribu Warga Suriah Mengungsi Pasca Serangan Pasukan Rezim di Selatan Aleppo

TUJUH puluh ribu orang mengungsi,  setelah serangan  pasukan  rezim di daerah selatan kota Aleppo. Menurut aktivis kemanusiaan, serangan rezim telah membombardir daerah tersebut semenjak 3 hari terakhir.

Dilansir dari BBC (19/10),  ketua The Union of Medical Care and Relief Organizations (UOSSM), Zaidoun Zu'bi menjelaskan bahwa, saat mengunjungi Aleppo beliau  tidak melihat ada penduduk yang tinggal disana. Karena semua penduduk telah meninggalkan kota itu disebakan serangan dari pasukan rezim. Beliau juga menambahkan, ribuan orang pergi meninggalkan kota tersebut tanpa adanya bantuan medis dan tempat berlindung.

Serangan terbaru adalah serangan yang keempat yang diluncurkan oleh pasukan rezim di selatan kota Aleppo. Semenjak dimulainyan serangan Rusia selama dua minggu terakhir.

Serangan juga diluncurkan pasukan rezim di daerah sekitar Aleppo. Diantaranya daerah pedesaan yang dekat dengan kota Homs, kota Hama, dan beberapa wilayah bagian utara dekat pantai di kota Lattakia.

"Saya melihat ribuan manusia, saya tidak bisa mengatakan jumlah mereka sampai 100 ribu orang, akan tetapi saya perkirakan jumlah mereka sekitar 70 ribu orang. Kebanyakan dari mereka berasal dari wilayah selatan Aleppo dan beberapa daerah yang berdekatan dengan kota Aleppo".kata Zaidoun Zu'bi seperti yang dikutip dari BBC.

Zaidoun Zu'bi juga menambahkan,"itu adalah tindakan kekerasan, langit-langit di kota itu dipenuhi pesawat tempur dan helikopter militer,sedangkan penduduknya sangat banyak, mereka ketakutan menghadapi kematian"

Menurutnya, serangan itulah yang mendorong ribuan orang untuk mengungsi demi mencari tempat yang aman.

Sedangkan menurut pemantauan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia , pasukan rezim dan militan pro-rezim telah menguasai tiga bukit dekat kota Khan Tuman.

Menurut laporan, pertempuran juga terjadi di pinggiran kota Bani Zaid dan kota Salahuddin .

Perdana Menteri Turki, Ahmad Davutoglu menyatakan bahwa serangan rezim  di selatan kota Aleppo untuk menyerang kelompok Daulah Islamiyah akan menyebabkan gelombang baru  pengungsi.

Saat ini, lebih dari 11 juta warga Suriah yang mengungsi sejak pecahnya pemberontakan terhadap pemerintahan Rezim Bashar Al-Assad pada bulan Maret 2011.

Sampai sejauh ini, lebih dari 4,18 juta warga Suriah yang mengungsi ke negara-negara tetangga termasuk 2,7 juta warga yang berada di Turki. Jumlah mereka terus meningkat dengan pelayaran di laut untuk mencapai wilayah Eropa.

Penulis: Syafei Irman
Sumber:BBC

No comments

Powered by Blogger.