Header Ads

Menlu Arab Saudi: Kami Akan Menghadapi Intervensi Iran di Negara-Negara Arab

SOHAFY.GA, Arab Saudi - Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al-Jubair mengatakan bahwa dunia internasional masih bisa menyelamatkan rakyat Suriah dari alat pembunuh dan penghancur yang digunakan oleh rezim Bashar Assad. Ia juga menuduh Iran memperparah kekerasan di Yaman dengan terus memasok senjata kepada milisi Houthi.

Jubeir mengatakan dalam sebuah pidato di hadapan Majelis Umum PBB pada Kamis malam (01/10) bahwa negaranya akan bertindak tegas atas upaya Iran yang ikut bercampur tangan dalam urusan negara-negara Arab. Jubeir juga mengatakan dalam pidatonya bahwa tidak ada solusi bagi Suriah kecuali menghilangkan Assad dari politik Suriah.

Dia juga menunjukkan bahwa Israel telah merampas hak dan martabat kehidupan rakyat Palestina. Dan dia percaya bahwa hal ini akan terus memicu perlawanan rakyat Palestina atas kebijakan Israel ini.

Jubeir melakukan perjanjian dengan Iran untuk membebaskan Timur Tengah dari senjata nuklir. Dia juga menyerukan agar Iran meninggalkan intervensinya dan tidak ikut campur di negara-negara Arab. Jubeir menegaskan agar Iran membebaskan tiga negara yang didudukinya di Uni Emirat Arab (UEA).

Beralih kepada fenomena terorisme, Menteri Luar Negeri Saudi mencela jika ada yang menghubungkan para teroris dengan islam atas kejahatan yang mereka lakukan. Dia mengatakan bahwa islam adalah agama perdamaian dan kasih sayang.




Penulis  : Ghulam
Sumber : Al-Jazeera

No comments

Powered by Blogger.